Bola / bola-indonesia
Arief Apriadi
Ryuji Utomo sudah bergabung di dalam training camp (TC) Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). (Dok. PSSI).

Suara.com - Hal unik terjadi jelang laga timnas Indonesia vs Kamboja. Keisuke Honda yang menjabat sebagai manajer Kamboja mengikuti Instagram Ryuji Utomo.

Adapun, duel timnas Indonesia vs Kamboja akan berlangsung pada laga Grup B Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Ryuji Utomo sendiri masuk ke dalam daftar 30 pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong untuk mengarungi kompetisi sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara ini.

Tidak diketahui latar belakang Honda mengikuti sosial media Ryuji karena kedua sosok ini tak pernah tercatat bertemu atau dekat sebagai teman.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Mulai Matangkan Taktik Timnas Indonesia

Spekulasi bahwa tujuan Honda adalah untuk menganalisis kekuatan pemain Timnas Indonesia pun bisa menjadi salah satu yang muncul ke permukaan.

Pasalnya, Ryuji merupakan salah satu penggawa 'Merah Putih' yang kenyang dengan pengalaman berkarier di luar negeri.

Keisuke Honda follow akun Instagram Ryuji Utomo. [Tangkapan layar Instagram/@keisukehonda]

Ryuji yang memulai karier profesionalnya bersama Mitra Kukar, langsung berkarier di Bahrain bersama Al Najma pada musim 2015/16.

Sempat pulang kembali ke Tanah Air dengan membela Arema Malang dan Persija Jakarta, Ryuji Utomo dipinjamkan ke tim divisi 2 Liga Thailand, PTT Rayong FC.

Dari keterangan sang agen, keputusan Ryuji untuk menerima penawaran ini karena gaji cukup besar yang ditawarkan. Disebutkan bahwa Ryuji butuh biaya besar untuk merawat ayahnya yang saat itu sedang sakit.

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Kamboja, Shin Tae-yong: Pemain Terus Kerja Keras

Performa Ryuji di Thailand terbilang apik, dia tampil dalam 18 pertandingan dan membantu Rayong FC menjuarai Divisi 2 Liga Thailand pada 2018 sehingga berhak promosi ke kasta teratas.

Komentar

terkini