Bola / bola-indonesia
Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas (kiri) dan Irfan Jaya melakukan selebrasi dengan bersujud syukur pada laga Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

Suara.com - Penampilan Timnas Indonesia saat mengalahkan Kamboja 4-2 dalam laga perdana mereka di Grup B Piala AFF 2020 belum memuaskan pelatih Shin Tae-yong.

Bahkan, Shin Tae-yong menganggap performa skuad Garuda di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB belum sampai 50 persen alias masih jauh dari harapannya.

Pelatih asal Korea Selatan itu melihat masih banyak kesalahan yang dilakukan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di pertandingan tersebut.

Timnas Senior Indonesia disebutnya juga seperti meremehkan lawan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kecolongan Dua Gol, Shin Tae-yong Akui Pemain Remehkan Kamboja

"Memang kami bisa cetak sampai empat gol. Tapi ini permainan yang saya mau hanya 50 persen, mungkin tidak sampai," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/12/2021) malam.

"Performa kami belum 100 persen dari yang bisa kami suguhkan. Jadi, saya akan bicara dengan para pemain agar mereka lebih paham apa yang saya mau. Saya yakin kami masih bisa jauh lebih baik lagi di laga-laga Grup B ke depan," celotehnya.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [dok. PSSI]

Shin Tae-yong sadar timnya masih punya pekerjaan rumah yang harus segera diperbaiki. Apalagi lawan-lawan kuat sudah menanti di depan seperti Vietnam dan Malaysia.

"Jadi memang nanti khusus untuk lawan Vietnam dan Malaysia, akan dibahas taktik dan strategi untuk hadapi lawan-lawan seperti itu," jelas Shin Tae-yong.

Di Bishan Stadium, Timnas Indonesia sejatinya sudah sempat unggul jauh 3-0 di 35 menit awal pertandingan.

Baca Juga: Klasemen Grup B Piala AFF: Malaysia Mantap di Puncak, Indonesia di Atas Vietnam

Gol pertama Indonesia diciptakan oleh Rachmat Irianto pada menit keempat, lalu kapten Evan Dimas (17'). Kemudian, Irianto mencetak gol keduanya di laga ini (33').

Gol keempat skuad Garuda sendiri lahir lewat Ramai Rumakiek (54'), setelah Kamboja sempat memperkecil skor via Yue Safy (37').

Gol Prak Mony Udom (60'), yang merupakan gol kedua Kamboja, lantas membuat Indonesia cukup was-was. Beruntung, keunggulan 4-2 bisa dipertahankan sampai laga rampung.

Secara khusus Shin Tae-yong angkat topi untuk Evan Dimas. Menurutnya, penggawa Bhayangkara FC yang juga kapten Timnas Indonesia itu sudah memberikan penampilan terbaik di laga kontra Kamboja.

"Memang Evan Dimas kapten dan banyak pengalaman di laga besar atau internasional. Saya percaya Evan dapat berperan baik untuk tim, untuk terus maju ke depan," ucap Shin Tae-yong.

"Pemain seperti ini harus memimpin tim untuk mewujudkan target ke depannya. Dia salah satu yang terbaik," puji pelatih 52 tahun tersebut.

Berikutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Laos pada laga kedua mereka di Grup B. Pertandingan akan berlangsung di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB.

Komentar

terkini