Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Pesepakbola Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Taiwan pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). [ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI]

Suara.com - Dua penggawa Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam Bahar diprediksi tak akan mentas di Piala AFF U-23. Pasalnya, dua pemain bintang Timnas Indonesia itu dikabarkan tak mendapat izin dari klub mereka masing-masing.

Sebagaimana diketahui, Egy Maulana Vikri adalah pemain FK Senica. Meski kontraknya sudah habis per akhir Desember tahun lalu, nasib Egy akan segera diumumkan.

Beredar kabar jika FK Senica ingin mempertahankan Egy, namun semuanya masih diurus agen sang pemain.

Asnawi Mangkualam Bahar (kedua dari kiri) mencoba melewati pemain Singapura Faris Ramli (kedua dari kanan) dan Zulfahmi Arifin (kanan) pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 22 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Sementara Asnawi Mangkualami baru saja meneken perpanjangan kontrak dengan klub Korea Selatan, Ansan Greeners.

Baca Juga: Piala Super Spanyol: Pedri dan Ferran Torres Absen di Laga Barcelona vs Real Madrid

Tanpa Egy dan Asnawi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong harus putar otak jelang gelaran Piala AFF U-23 yang akan digelar Februari mendatang. Paling tidak, Shin harus mendapatkan pengganti sepadan untuk mengisi pos yang ditinggalkan Egy dan Asnawi.

Berikut empat pemain yang bisa menjadi opsi bagi Shin Tae-yong.

Braif Fatari

Nama Braif bisa menjadi opsi untuk mengisi pos Egy. Kendati dia berposisi sebagai pemain tengah, pemain Persija Jakarta ini bisa beralih tugas ke pos sayap.

Braif sejatinya juga merupakan langganan bermain di Timnas Indonesia U-19. Hal itu pun bisa menjadi modal bagi pemain berusia 19 tahun tersebut untuk tampil di Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga: Ingin Ubah Sistem Sepak Bola Indonesia, STY: Jangan Melulu Fokus Prestasi

Marselino Ferdinan

Marselino tengah naik daun bersama Persebaya Surabaya. Kendati masih berusia 17 tahun, namun ia sudah beberapa masuk starting XI Bajul Ijo sebagai pemain inti.

Bicara kans Marselino ke Timnas U-23 terbuka lebar. Sebab, beberapa waktu belakangan, dirinya sudah naik kelas ke Timnas U-19 kendati dia masih dibutuhkan Timnas U-16.

Bagas Kaffa

Mencari pengganti Asnawi sejatinya tak cukup sulit. Sebab, ada Bagas Kaffa.

Nama Bagas sejatinya tak usah diragukan lagi kapasitasnya sebagai bek kanan. Sejak bermain di Timnas U-16 dan U-19, ia adalah andalan di pos tersebut.

Beckham Putra

Satu lagi pemain yang bisa menggantikan Egy di pos penyerangan adalah Beckham Putra. Atribut pemain Persib Bandung ini untuk mengisi pos tersebut terbilang pas.

Beckham sejatinya adalah andalan Shin di Timnas U-19. Sayang, dirinya sempat menderita cedera dan tak masuk skuat senior di Piala AFF 2020.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar