Bola / bola-indonesia
Arief Apriadi
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat memberikan motivasi kepada anak asuhannya (dok. PSSI).

Suara.com - Timnas Indonesia U-16 kembali menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) guna menyambut dua agenda besar yakni Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan bergulir tahun ini.

Sebagai persiapan, pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti memanggil 40 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang direncanakan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta dari 15-25 April 2022.

Dari 40 pemain yang dipanggil, salah satu nama menuai sorotan yakni Ji Ba-din yang tercatat sebagai pemain Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti DKI Jakarta.

Tercatat, ini bukan kali pertama Ji Ba-din dipanggil ke TC timnas Indonesia U-16. Pada tahun lalu, pemain berposisi sayap ini juga sempat mendapat panggilan Bima Sakti.

Baca Juga: Hasil Undian Turnamen Toulon 2022: Timnas Indonesia U-19 Segrup Bareng Meksiko, Venezuela, dan Ghana

Meski punya darah Korea Selatan, Ji Ba-din diketahui lahir di Depok, Jawa Barat, pada 3 Maret 2006 silam. Dia punya darah Negeri Ginseng dari sang ayah, Ji Ha-sik.

Sebagai pemain blasteran, Ji Ba-din memiliki keunggulan tersendiri. Meski baru berusia 16 tahun, tingginya sudah melebihi 176 cm.

Talenta Ji Ba-din memang muncul ketika membela ASIOP. Pada 2018, dia membawa akademi sepakbola tersebut menjadi juara turnamen U-12. Dia juga ikut membela ASIOP yang berkompetisi di Spanyol pada 2019.

Selain Ji Ba-din, nama-nama seperti I Komang Ananta Krisna Putra dan I Putu Harta Mahesa dari Bali United juga dipanggil Bima Sakti dalam pemusatan latihan ini.

Bima Sakti mengungkapkan bahwa 40 pemain tersebut dipanggil berdasarkan hasil pantauan tim pelatih di beberapa kompetisi yang digulirkan PSSI, seperti Piala Soeratin U-15, Elite Pro Academy (EPA) dan beberapa seleksi regional yang dilakukan dari Asprov-asprov PSSI.

Baca Juga: Laga Timnas Indonesia U-23 Disebut Paling Layak Ditonton di SEA Games Hanoi

"Ada kurang lebih hampir 20 pemain baru dari hasil pantauan kami di Piala Soeratin U-15 kemarin yang diputar PSSI serta EPA dan juga seleksi regional Asprov. Mereka adalah talenta-talenta yang mungkin belum terpantau sebelumnya," kata Bima Sakti dalam keterangan resmi PSSI, Kamis (14/4/2022).

Komentar

terkini