Suara.com - Sebuah studi menemukan cara baru memperpanjang usia harapan hidup di dunia, yakni memiliki anak. Ya, studi yang dilakukan Institute Karolinska di Stockholm menemukan bahwa usia harapan hidup lelaki dan perempuan bisa mencapai 60 tahun ke atas jika mereka setidaknya memiliki seorang anak.
Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menggunakan data sensus Swedia terhadap 1.4 juta lelaki dan perempuan yang lahir antara tahun 1911-1925. Mereka menemukan fakta bahwa lelaki yang menjalankan perannya sebagai ayah, hidup 20.2 tahun lebih lama dibandingkan lelaki tanpa anak.
Sedangkan pada kaum hawa, perempuan yang menjadi ibu memilik harapan hidup lebih panjang 24.6 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak.
"Kami menemukan bahwa ketika seseorang menjadi orangtua, ia akan memiliki motivasi untuk hidup lebih lama sehingga dapat membesarkan buah hatinya hingga besar. Hal ini tak terlihat pada mereka yang tidak memiliki anak," tambah penulis.
Menariknya, penelitian ini juga menemukan bahwa lelaki yang menikah tapi belum dikaruniai anak, memiliki risiko kematian 1.2 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang belum menikah.
"Laki-laki yang belum menikah mungkin cenderung lebih kesepian dibandingkan mereka yang sudah menikah meski tidak memiliki anak. Hal ini membuat mereka mudah sakit sehingga risiko kematian lebih tinggi," ujar penulis seperti dilansir laman Independent.
Berita Terkait
Terpopuler
- Jaksa Skakmat Nadiem: Mau Putus Konflik Kepentingan, Kok Saham Gojek Tak Dijual?
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
Pilihan
-
Harry de Fretes Bagikan Kabar Haji Bolot Meninggal, Keluarga: Hoaks, Itu Orang Kurang Kerjaan
-
Prediksi Meksiko vs Afrika Selatan: Head to Head, Susunan Pemain dan Fakta Menarik
-
Rekor Gila ARMY Indonesia! Belum Genap Sejam, Ratusan Ribu Tiket Konser OT7 BTS Ludes Tanpa Sisa
-
PTBA Kembangkan 500 Itik Petelur di Muara Enim, Hasilkan 200 Telur Omega per Hari
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
Terkini
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya