M. Reza Sulaiman
Senin, 27 Januari 2020 | 10:54 WIB
Ilustrasi tes darah untuk mengetahui pasien terinfeksi virus corona (coronavirus) atau tidak. (Shutterstock)

Suara.com - Virus Corona Wuhan Terdeteksi di 14 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Virus Corona Wuhan atau 2019-nCoV sudah menginfeksi lebih dari 2.000 orang di China, dengan 80 di antaranya meninggal dunia. Sempat hanya dikira ancama lokal, nyatanya virus corona ini sudah menyebar ke berbagai negara-negara di dunia. Ini daftar negara terinfeksi virus corona.

Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional China, Li Bin, mengatakan risiko virus menular ke negara-negara lain meningkat karena tingginya penduduk China yang pergi ke luar negeri jelang Tahun Baru Imlek.

"Kami melihat adanya kemungkinan virus bermutasi dan menyebar lebih jauh," ujar Li Bin, dilansir Reuters, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan catatan WHO, hingga kini sudah ada 54 orang positif mengidap virus corona Wuhan yang tersebar di 14 negara. Kabar baiknya, belum ada laporan terkait korban meninggal karena virus corona di luar China.

Berikut ini daftar negara yang sudah mendeteksinya adanya virus corona:

  1. Thailand: 8 kasus
  2. Hong Kong: 8 kasus
  3. Amerika Serikat: 5 kasus
  4. Macau: 5 kasus
  5. Taiwan: 4 kasus
  6. Australia: 4 kasus
  7. Singapura: 4 kasus
  8. Malaysia: 4 kasus
  9. Prancis: 3 kasus
  10. Jepang: 3 kasus
  11. Vietnam: 2 kasus
  12. Korea Selatan: 2 kasus
  13. Kanada: 1 kasus
  14. Nepal: 1 kasus

Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ditemukan kasus positif terinfeksi virus corona. 3 Orang suspect di RSUP Sanglah Bali, 1 orang di RSPI Sulianti Saroso Jakarta, dan 1 orang di RS Hasan Sadikin Bandung dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

Meski begitu, Ikatan Dokter Indonesia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun serta menjauhi kontak dengan hewan liar.

"Menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik. Caranya dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80 persen," tulis IDI.

Read more...