Health / konsultasi
Risna Halidi
Selasa, 30 Juni 2020 | 12:48 WIB
Jeruk Nipis. (Shutterstock)

Suara.com - Air jeruk nipis dikalim mampu membantu membakar lemak dam menurunkan berat badan. Tapi benarkah demikian?

Faktanya, air jeruk nipis tidak bisa membantu proses pembakaran lemak. Hal tersebut diungkapkan oleh Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Ardy Brian Lizuardi.

"Tidak ada bukti ilimiahnya, ada sebuah studi tapi dilakukan pada tikus. Tikus dan manusia jelas berbeda. Tapi bisa dimengerti juga karena memang banyak banget diet-diet yang infonya enggak benar," ujar Ardy dalam bincang-bincang virtual NutriClass, Selasa (30/6/2020) seperti yang Suara.com kutip di Antara.

Menurut Ardy, teh hijau jauh lebih ampuh untuk membakar lemak dibandingkan jeruk nipis dan sudah terbukti secara ilmiah.

Namun juga harus didukung dengan pembatasan asupan kalori serta olahraga. "Minum teh hijau benar bantu bakar lemak dan terbukti secara ilmiah. Penelitian menyebutkan orang yang minum satu atau dua gelas teh hijau sehari dibanding dengan yang tidak, bisa mengalami penurunan berat badan spesifiknya lemak tapi tetap harus dijaga asupan kalorinya," jelas Ardy.

Baca Juga: Kadar Gula Mirip Soda, Ahli Tegaskan Jus Jeruk Kemasan Tidak Sehat!

Ardy menjelaskan tidak ada cara yang instan untuk menurunkan badan. Jalan terbaiknya adalah dengan membatasi asupan lemak dan kalori hingga berolahraga.

"Kalau mau menurunkan berat badan atau lemak harus membatasi asupan lemak dan kalori dan membakar kalori dengan olahraga. Boleh-boleh aja minum air jeruk nipis tapi kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan, itu hanya mitos," ujar Ardy.

Baca Juga: Tak Cuma Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Sehat Si Segar Buah Jeruk

Komentar

BACA SELANJUTNYA

Sering Makan Makanan Tinggi Lemak, Ini 3 Dampak Serius yang Mengintai