Health / konsultasi
Vania Rossa | Lilis Varwati
Ilustrasi kapal pesiar. (Pixabay/Skeeze)

Suara.com - Infeksi Covid-19 telah menyebar hingga lebih dari 220 negara. mengutip Worldometers, update Covid-19 per Jumat, 11 Juni, pukul 07.00 WIB, kasus Covid-19 telah lebih dari 175,6 juta. Dalam 24 jam terakhir bertambah 430.198 kasus.

Selama satu setengah tahun Covid-19 menyebar di seluruh dunia, 3,78 juta orang telah meninggal setelah terinfeksi virus corona. Meski begitu, jumlah orang yang sembuh memang lebih banyak, yakni 159,44 juta.

Paparan virus corona tidak hanya berisiko terjadi di daratan. Terbaru, kapal pesiar pertama yang berlayar dari Amerika Utara sejak adanya pandemi telah menemukan dua kasus positif Covid-19 yang terjadi pada tamu. Perusahaan pelayaran itu menyampaikan bahwa semua penumpang dan awak kapal telah divaksinasi.

Operator kapal pesiar Royal Caribbean dan Celebrity Millennium membawa sekitar 600 penumpang dan 650 awak, berlayar dari pulau Karibia Saint Maarten pada Sabtu (5/6) untuk pelayaran tujuh hari, termasuk pemberhentian di Barbados, Aruba, dan Curacao.

Baca Juga: Tambah 1.371 Pasien, Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Capai 438.458 Orang

"Dua tamu yang berbagi kabin di pesawat Celebrity Millennium dinyatakan positif Covid-19 saat melakukan pengujian akhir pelayaran. Mereka tidak menunjukkan gejala dan saat ini dalam isolasi," kata Royal Caribbean dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Channel News Asia.

Dikatakan bahwa kapal tersebut telah beroperasi sesuai pedoman Covid-19 AS, dan semua tamu diminta untuk menunjukkan bukti vaksinasi serta tes Covid-19 negatif sebelum berlayar.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) saat ini mengharuskan lebih dari 95 persen penumpang dan awak divaksinasi. Operasi pelayaran di lautan Amerika dihentikan sejak 14 Maret tahun lalu. Ketika itu CDC mengeluarkan perintah larangan berlayar untuk mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut. Beberapa kapal sudah mengalami wabah mematikan virus corona di atas kapal.

Komentar