Suara.com - Bakteri baik atau probiotik ternyata bisa membantu pemulihan pasien kanker dan bisa mengatasi efek samping kemoterapi. Salah satu makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt.
Mengutip Dailymail, Selasa (12/10/2021) kemarin, ditemukan probiotik atau bakteri baik yang hidup di dalam tubuh bisa menjaga keseimbangan tubuh dari paparan efek samping antibiotik yang ada dalam kemoterapi dan mampu melawan infeksi
Di Inggris dan Eropa, dokter secara teratur menyarankan pasien kanker untuk mengonsumsi probiotik, salah satunya yogurt atau acar kubis (kimchi).
Ditambah sebuah penelitian oleh para ilmuwan Inggris yang diterbitkan bulan lalu, menunjukan konsumsi antibiotik bisa meningkatkan kecepatan pertumbuhan kanker payudara, karena mengganggu keseimbangan bakteri di usus.
Penelitian yang dilakukan Quadram Institute di Norwich dan University of East Anglia ini terbukti pada tikus dengan kanker payudara saat diberikan antibiotik, dengan cepat tumor ganasnya menyebar.
Sehingga Profesor Kefah Mokbel, Ahli Bedah Payudara Rumah Sakit Princess Grace London, mengatakan mereka yang saat kemoterapi memerlukan antibiotik, ususnya harus terpapar berbagai bakteri baik, salah satunya mengonsumsi yogurt.
Di sisi lain, probiotik memang sedang banyak diteliti untuk pengobatan berbagai penyakit, seperti iritasi usus besar, penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas dan eksim.
Pendekatan probiotik sebagai terapi yang diresepkan dokter ini, juga dikenal sebagai bakteri terapi, yang sudah lebih dulu digunakan untuk mengobati infeksi usus karena bakteri C. difficile, yang kerap menyebabkan keracunan makanan.
Baca Juga: 70 Persen Pasien Kanker Payudara Baru Datang ke RS Setelah Stadium Lanjut
Berita Terkait
Terpopuler
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
- Beredar 24 Nama Terseret Kasus BGN, Kuasa Hukum Sony Sonjaya: Nama Itu Sudah Diserahkan ke Penyidik
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?