Suara.com - Bagi beberapa orang, alkohol mungkin dianggap sebagai selingan untuk membantu meredakan stres. Padahal faktanya, alkohol tak selalu memberi dampak baik bagi Anda.
Terlalu banyak minum alkohol, selain dapat memicu kecanduan, juga meningkatkan risiko kerusakan jantung, otak, dan hati.
Itu sebabnya, jauh lebih baik untuk berhenti minum alkohol sekarang juga, dan dapatkan manfaatnya langsung pada tubuh Anda. Inilah 7 hal yang akan langsung Anda rasakan ketika berhenti minum alkohol, seperti dilansir dari Men's Health.
1. Tidur lebih nyenyak
Satu studi baru-baru ini di jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menemukan bahwa minum alkohol sebelum tidur akan meningkatkan pola gelombang alfa di otak. Ini adalah semacam aktivitas otak yang biasanya terjadi saat Anda bangun, tetapi dalam kondisi beristirahat. Hasil? Tidur jadi terganggu.
Tinjauan lain dari 27 studi menemukan bahwa meski awalnya alkohol dapat membantu orang tertidur lebih cepat, namun itu sesungguhnya akan mengacaukan kualitas tidur Anda.
Ketika Anda berhenti minum alkohol, Anda mungkin kesulitan tidur pada awalnya, tetapi selanjutnya Anda akan mendapatkan tidur yang nyenyak, sehingga merasa lebih segar keesokan harinya. Hasilnya, suasana hati yang lebih baik, gampang berkonsentrasi, dan kinerja mental membaik.
2. Makan lebih sedikit saat makan malam
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, alkohol adalah salah satu pendorong terbesar makan berlebihan.
Hal itu mungkin karena alkohol meningkatkan indra kita, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity. Para peneliti menemukan bahwa ketika orang mendapatkan 'infus' alkohol yang setara dengan dua gelas, mereka akan mengonsumsi makanan 30 persen lebih banyak daripada mereka yang diinfus hanya oleh larutan garam.
3. Berat badan turun
Alkohol dapat meningkatkan asupan kalori harian tanpa Anda sadari. Satu liter alkohol mengandung hampir 200 kkal. Dan pria mengonsumsi 433 kalori tambahan pada hari-hari ketika mereka minum alkohol dalam jumlah "sedang", menurut sebuah penelitian.
Baca Juga: Daftar 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Berdampak Bagi Kesehatan
Berhenti minum alkohol berarti sama saja dengan mengurangi asupan kalori, dan Anda akan mulai menurunkan berat badan tanpa banyak usaha.
4. Kulit lebih cerah
Dalam beberapa hari setelah berhenti minum alkohol, Anda akan melihat rona kulit lebih cerah dan terasa lebih terhidrasi. Itu karena alkohol bersifat diuretik, menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak.
5. Anda akan memiliki lebih banyak uang
Minum alkohol, terutama anggur berkualitas, merupakan kebiasaan yang mahal. Jika Anda berhenti meminumnya, hitung sendiri berapa uang yang bisa Anda hemat.
Berita Terkait
Terpopuler
- 5 Kulkas 1 Pintu Anti Bunga Es dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp1 Jutaan
- Tok! Panja DPR Sepakati RUU Polri: Usia Pensiun Bintara 59 Tahun, Perwira 60 Tahun
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Beda Cushion Wardah Colorfit Hijau dan Krem: Intip Harga, Kandungan, dan Manfaatnya
Pilihan
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
-
Haji Bolot Dikabarkan Terkena Serangan Jantung, Posisi Masih di Rumah Sakit
-
Derita Masyarakat RI Bertambah Kini Harga Pertamax Naik, Apa yang Harus Dilakukan?
-
Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
-
Namanya Terseret Isu Dugaan Korupsi BGN, Yahya Golkar: Semua Anggota Komisi IX DPR Tak Terlibat!
Terkini
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya