(Dok: Traveloka)

Suara.com - Peserta ibadah umroh ke Tanah Suci dari Indonesia selalu tercatat tinggi setiap tahunnya. Selain menjadi sarana ibadah, umroh juga menjadi keinginan banyak umat muslim. Selama melakukan perjalanan ibadah Umroh, koneksi internet tetap berguna untuk memudahkan aktivitas seperti berkomunikasi dengan keluarga, menghubungi petugas tur, mencari informasi, membuka peta digital, hingga berbagi informasi di media sosial.

Untuk itu, Anda memerlukan beberapa cara agar konektivitas selama umroh tetap berjalan lancar. Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk terhubung internet selama ibadah umroh:

1. Gunakan gawai dengan fitur lengkap

(Dok: Traveloka)

Selama berada di Tanah Suci, pastikan gawai yang Anda gunakan sudah menyediakan fitur utama seperti koneksi 4G LTE dan kamera beresolusi tinggi untuk kebutuhan panggilan video. Kamera juga berfungsi sebagai alat untuk mengabadikan momen Anda selama di sana.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan ponsel yang digunakan memiliki kapasitas memori besar untuk memuat beragam data. Pasalnya, Anda perlu menyimpan banyak foto dan video dokumentasi, serta aplikasi ponsel khusus ibadah Umroh.

2. Manfaatkan fasilitas WiFi di hotel

(Dok: Traveloka)

Meskipun tidak membeli paket internet luar negeri, Anda masih dapat terkoneksi internet dengan menggunakan fasilitas WiFi dari hotel. Setiap hotel yang disediakan untuk jemaah Haji biasanya sudah menyediakan fasilitas WiFi secara gratis maupun berbayar.

Akan tetapi, hanya memanfaatkan WiFi hotel saat berada di luar negeri terbilang tidak praktis. Pasalnya, Anda tidak bisa leluasa berinternet karena koneksi hanya tersedia selama Anda berada di hotel saja.

3. Sewa modem WiFi

(Dok: Traveloka)

Bagi yang datang bersama rombongan saat umroh, Anda bisa menyewa modem WiFi portable sebagai solusi untuk tetap mengakases internet. Satu modem biasanya bisa digunakan hingga 5 gawai sekaligus.

Menyewa modem WiFi saat umroh memiliki banyak keuntungan karena Anda bisa menghemat biaya dengan patungan bersama rombongan. Tarif modem yang disediakan operator Tanah Air pun cukup murah dan sudah termasuk paket data. Sayangnya, modem ini hanya sebatas menyediakan koneksi internet. Untuk urusan panggilan telepon dan SMS, Anda tetap harus menggunakan layanan terpisah.

4. Mengaktifkan Paket Roaming

(Dok: Traveloka)

Paket roaming Umroh menjadi solusi paling lengkap untuk menjaga konektivitas di Tanah Suci. Paket roaming ini tersedia khusus dengan pilihan yang sesuai kebutuhan para peserta ibadah umroh. Saat membeli, Anda bisa tentukan sendiri apakah hanya paket internetnya saja atau sekaligus dengan roaming telepon dan SMS. Dengan begitu, Anda bisa mudah berkomunikasi dengan sanak kerabat di Indonesia maupun di Tanah Suci.

Saat ini, sudah banyak operator seluler yang menawarkan paket roaming yang bisa digunakan di Tanah Suci. Anda hanya tinggal memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai rekomendasi, Kartu 3 siap menjadi andalan untuk urusan tarif murah dan koneksi kuat selama beribadah umroh.

5. Membeli Paket Roaming Umroh di Traveloka

(Dok: Traveloka)

Paket Roaming Umroh Kartu 3 memang dapat dibeli dari mana saja. Namun, Anda bisa membelinya secara praktis melalui Traveloka dengan harga terbaik dan berbagai promo yang menguntungkan.

Selain itu, cara pemesanan paket juga mudah dengan didukung metode pembayaran yang lengkap dan aman. Setelah selesai pembayaran, paket Anda akan langsung aktif dan bisa digunakan. Keuntungan menggunakan Paket Roaming Umroh dari Kartu 3 ini adalah tarifnya yang sangat murah dibandingkan operator lainnya. Dengan biaya Rp125.000 – Rp250.000, Anda sudah bisa menikmati internet sebesar 2 dan 3 GB dengan jangka waktu 10 hingga 40 hari. Menariknya, sinyal Kartu 3 di sana juga kuat sehingga bisa Anda andalkan untuk panggilan video dengan keluarga di rumah.

Itulah beberapa cara untuk memastikan konektivitas Anda tetap lancar selama beribadah umroh. Dengan konektivitas yang terjaga, ibadah pun akan lebih tenang dan fokus karena Anda bisa terlepas dari rasa khawatir dengan keluarga di Tanah Air. Jadi, jangan lupa aktifkan Paket Roaming Umroh agar komunikasi Anda tetap terjaga selama di sana!