Fabiola Febrinastri
Senin, 25 November 2019 | 09:00 WIB
Taman Sari, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Shutterstock)

Suara.com - Akhir tahun merupakan salah satu waktu terbaik untuk liburan. Deretan hari libur nasional bisa Anda kombinasikan dengan jatah cuti. Hasilnya adalah satu minggu penuh untuk liburan. Ke mana pun yang Anda inginkan.

Sekarang, tinggal menentukan lokasi tujuan. Kalau anggaran Anda tidak terbatas, opsi tujuan tentu juga jadi tidak terbatas. Namun, kalau Anda tidak ingin terlalu boros, dan hanya ingin berlibur di dalam negeri, ada beberapa lokasi yang patut Anda pertimbangkan;
1. Ubud
Ubub selalu menjadi piliha yang tepat untuk berlibur. Sendiri, bersama kekasih, atau keluarga, desa ini punya pesona untuk segala kalangan. Untuk segala umur. Bagaimana tidak, kawasan ini punya begitu banyak objek wisata.

Ingin memanjakan diri? Anda bisa mengunjungi layanan spa kelas dunia di sana. Ingin aktivitas outdoor? Ada banyak pilihan. Mulai dari watersport, bersepeda, dan rafting. Ingin memperkaya wawasan dengan menikmati seni dan budaya Bali? Anda bisa kunjungi kawasan pariwisata Ubud.

Akomodasi dan transportasi juga bukan masalah di Ubud. Ada berbagai macam layanan yang bisa kamu manfaatkan. Ada banyak tempat penyewaan motor dan mobil. Bahkan, di beberapa lokasi, ada transportasi gratis yang bisa kamu manfaatkan.

2. Yogyakarta
Dengan kekayaan tradisi dan budaya, puluhan titik kuliner yang memanjakan lidah, serta lanskap alam yang cantik, rasanya tidak mengherankan jika Yogyakarta masuk dalam daftar ini. Yogyakarta memang penuh pesona. Apalagi bagi mereka yang lahir atau tumbuh di kota ini.

Di sini, ada puluhan lokasi wisata budaya yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari Candi Borobudur, Taman Sari, Museum Batik, Museum Ullen Sentalu, dan puluhan lokasi lainnya. Kalau ingin wisata kuliner, Anda bisa makan Gudeg Yu Djum, Sate Klathak Pak Baru, Tengkleng Gajah, atau Oseng Mercon Bu Narti.

3. Lombok
Lombok juga merupakan salah satu pilihan paling apik untuk liburan akhir tahun. Seperti Bali, Lombok juga memiliki lanskap alam yang cantik. Ada pantai yang indah, puluhan titik menyelam yang kaya akan terumbu karang dan kekayaan bahari, ada pula Gunung Rinjani yang megah dan menunggu untuk ditaklukkan.

Pantai Senggigi merupakan salah satu primadona pulau ini. Tempat ini tak hanya cantik, tetapi juga merupakan rumah bagi lokasi wisata budaya Pura Batu Bolong. Kuil Hindu ini dibangun di atas lengkungan batu yang fantastis. Suasana sunset di sini tak kalah megah dibandingkan spot sunset di mana pun.

4. Surabaya
Ingin liburan bersama keluarga? Surabaya bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Di kota besar ini, ada berbagai macam lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Plus, pada akhir tahun, ada banyak sekali perayaan di kota ini. Wisata kuliner di kota ini juga tak kalah dibandingkan kota lainnya. Ada Rawon Setan Mbak Endang, Depot Bu Rudy, Sego Sambel Wonokromo, dan berbagai nama lainnya.

Soal tempat wisata, Anda bisa pilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Ada Air Mancur Kenjeran, Jembatan Suramadu, Museum Tugu Pahlawan, Suroboyo Carnival Park, dan berbagai lokasi wisata lainnya. Surabaya adalah tempat yang sempurna untuk wisata dalam kota.

5. Makassar
Makassar merupakan salah satu tujuan lokasi akhir tahun yang patut Anda jadikan pilihan. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini memiliki pesona yang berbeda. Plus, di akhir tahun, ada banyak sekali event menarik. Khususnya di Pantai Losari.

Makassar memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Sebut saja Tanjung Bira yang memukau, Benteng Rotterdam, Trans Studio Makassar, dan Taman Laut Taka Bonerate. Kalau Anda ingin tempat yang asli, kunjungi Malino. Dataran tinggi ini memiliki pemandangan yang indah. Meski agak jauh dari pusat kota, perjalanan Anda ke sana dijamin terbayar lunas.

Itulah lima rekomendasi lokasi wisata akhir tahun dari kami. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan tujuan liburan akhir tahun kali ini? Kalau sudah, langsung saja cek tiket online di Traveloka dan rencanakan perjalanan dari sekarang. Jangan booking tiket mepet ke tanggal keberangkatan. Bisa jadi, tiket pesawat yang Anda inginkan sudah naik, atau lebih parah lagi, terjual habis.

Read more...