Lifestyle / komunitas
Rifan Aditya
4 Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan - Bunga Wijaya Kusuma (Elemen Envato)

Suara.com - Bunga Wijaya Kusuma (Fishbone cactus atau Epiphyllum oxypetalum) salah satu tanamas hias yang cukup banyak dicari para kolektor tanaman. Tanaman ini memiliki bentuk yang cantik. Selain cantik, rupanya tanaman ini juga memiliki berbagai khasiat. Berikut ini khasiat bunga wijaya kusuma.

Bunga wijaya kusuma ini merupakan tanaman keberadaannya sudah ada sejak lama. Tanaman ini kembali populer sejak merebaknya Covid-19 yang kini tengah menghantui berbagai negara, bahkan sampai menelan jutaan korban jiwa.

Bunga wijaya kusuma atau yang dikenal juga dengan nama bunga wiku atau Epiphyllum oxypetalum ini  termasuk jenis kaktus dan bagian dari tanaman kelas dicotiledoneae.

Wijaya Kusuma sendiri memiliki dua suku kata, yaitu ‘wijaya’ yang artinya keberhasilan atau kemenangan, dan ‘kusuma’ yang artinya bunga. Jika disimpulkan, Wijaya Kusuma memiliki arti bunga yang membawa keberuntungan.

Baca Juga: Bonsai Kimeng: Keunikan Tanaman Hias yang Dikenal Mahal

Selain sebagai pembawa keberuntungan, bunga ini juga dikenal memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Research Gate, bunga wijaya kusuma ini dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini khasiat bunga wijaya kusuma yang baik untuk kesehatan tubuh dan dipercaya ampuh mengobati berbagai penyakit.

1. Mengobati luka

Ilustrasi tergores kertas. (Shutterstock)

Bunga wijaya kusuma dipercaya ampuh untuk obati luka luar, seperti luka tergores maupun luka bakar. Dengan melakukan pengobatan menggunakan tanaman wijaya kusuma, maka luka akan cepat kering.

Adapun cara pengobatannya yaitu dengan cara menumbuk bunga wijaya kusuma hingga membentuk serbuk. Lalu, oleskan serbuk bunga wijaya kusuma pada bagian yang terluka.

Baca Juga: Daftar Aglaonema Termahal, Lengkap dengan Harga dan Ciri-cirinya

2. Mengobati Bisul

Komentar