Lifestyle / komunitas
M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Ilustrasi interview kerja (pexels/Christina Morillo)

Suara.com - Lulus kuliah dan wisuda merupakan momen yang dinanti-nanti oleh para mahasiswa. Ketika euforia selesai, tantangan selanjutnya pun tiba, yakni mencari dan melamar pekerjaan.

Meski ada banyak saingan dalam mencari kerja, terkadang banyak lulusan baru atau fresh graduate terhalang oleh lamaran kerja yang harus punya pengalaman.

Tidak sedikit fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Padahal tidak perlu malu. Ada beberapa tips nya lho, buat kamu yang fresh graduate tapi belum punya pengalaman kerja.

Ini tips yang diungkap oleh Country Marketing Manajer Jobstreet Indonesia Sawitri Hertoto, dalam acara JobStreet Virtual Career Fair, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Pelamar Kerja Minta Dijemput Interview, Warganet: Bagian Otaknya Ada Yang Lupa Dirakit Deh

ilustrasi lulusan baru alias fresh graduate. (shutterstock)

Gunakan platform pencari kerja

Pertama, yang harus dilakukan oleh para fresh graduate adalah, dengan menggunakan platform pencari kerja. Dengan memiliki akun pencari kerja, mahasiswa lulusan baru dapat memudahkan dalam melamar kerja.

“Kalau udah menggunakan platform, jadi ada tata cara yang bisa diikuti,” ungkapnya.

Bangun skill yang cocok buat pekerjaan yang dilamar

Jika menggunakan platform jobseeker untuk mencari kerja, tentu yang harus dilakukan oleh mahasiswa fresh graduate adalah dengan membangun skill yang cocok untuk pekerjaan yang dilamarnya. Sebab, ini akan menentukan ke mana karier Anda untuk dilihat perusahaan.

Baca Juga: Interview: Virnie Ismail Blak-blakan Usai Kecelakaan Sepeda

“Jadi berikan skill yang cocok untuk pekerjaan yang kita impikan,” ungkap Sawitri.

Komentar