Lifestyle / komunitas
Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi setrika. (Shutterstock)

Suara.com - Siapa tak tahu proses setrika baju? Proses sederhana ini mungkin bisa dilakukan semua orang. Namun tahukah Anda ada beberapa trik dan cara cepat setrika baju agar tetap rapi sekaligus menghemat waktu?

Merangkum dari berbagai sumber, beberapa cara cepat setrika baju bisa disimak dalam uraian di bawah ini.

Setrika dengan Skala Prioritas

Tak hanya mengatur keuangan dan tujuan hidup, setrika juga wajib memiliki skala prioritas. Sederhana saja, ini agar tumpukan setrikaan tidak terasa berat dan tak kunjung selesai.

Baca Juga: Selain Merapikan Pakaian, Ini 3 Manfaat Setrika yang Unik dan Tak Terduga

Ilustrasi menyetrika baju. (Pixabay/congerdesign)

Utamakan menyetrika pakaian yang akan digunakan terlebih dahulu, dan kesampingkan yang tidak terlalu mendesak disetrika. Dengan begini, pakaian akan terasa lebih sedikit dari waktu ke waktu.

Menyiasati Lipatan di Kemeja

Tak jarang, menyetrika membutuhkan lebih banyak waktu untuk jenis kemeja. Lipatan pada bagian lengan menjadi PR banyak orang.

Hal ini bisa disiasati dengan meletakkan handuk kecil ke bagian lengan baju. Setrika seperti biasa, dan lihat betapa rapinya hasil setrika Anda!

Cara Cepat Setrika Baju dengan Aluminium Foil

Baca Juga: 4 Tips Memilih Setrika Berkualitas Terbaik dan Hemat Listrik

Tahukah Anda salah satu cara cepat setrika baju adalah menggunakan alumunium foil? Cara ini terbilang unik, tapi cukup efektif.

Caranya, letakkan aluminium foil di atas papan setrika, lalu setrika baju seperti biasa. Panas dari setrika bakal dipantulkan ke sisi lain baju sehingga Anda tak perlu lagi membolak-balik baju yang disetrika tersebut.

Jaga Sablon dengan Setrika dari Dalam

Trik menyetrika baju dari dalam banyak digunakan pada usaha laundry untuk menjaga kualitas sablon atau menyiasati baju yang berbahan tebal.

Caranya adalah membalikkan baju dan menyetrikanya dari sisi dalam pakaian tersebut. Lebih cepat dan kualitas sablon terjaga, cukup efektif untuk menyiasati tumpukan baju tanpa berisiko merusak kualitasnya.

Jaga Kebersihan Setrika

Mendasar tapi mungkin jarang disadari, bagian bawah setrika yang kotor bisa membuat proses setrika lebih lambat. Maka dari itu, selalu jaga agar setrika tetap bersih. Selain menjaga kebersihan pakaian, juga mempercepat proses pakaian yang disetrika agar lekas rapi.

Cukup mudah, kan, cara cepat setrika baju yang disampaikan di atas? Anda bisa mencobanya sekarang juga untuk membuktikan beberapa cara tersebut. Selamat mencoba!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar