Lifestyle / komunitas
Bimo Aria Fundrika
Ilustrasi hidup minimalis. (Dok: IKEA)

Suara.com - Dalam beberapa tahun belakangan tren hidup minimalis mulai banyak digemari oleh anak muda. Sebagian dari mereka punya kekhwatiran sendiri tentang gaya hdiup berlebihan. 

Sehingga bebeberapa beruduyun-duyun beralih dan menerapkan gaya hidup minimalis. Nah, jika kamu ingin mempertimbangkan gaya hidup minimalis tapi masih ragu, berikut ini sejumlah keuntungan menerapkannya. 

1. Menghemat uang dan waktu

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis dapat menghemat uang dan waktu. Artinya kamu bisa mengatur uang secara bijak seperti berapa uang yang keluar, gunanya buat apa, tidak perlu membuang waktu untuk mengeluarkan uang demi belanja dan mengejar tren.

Baca Juga: Tertarik dengan Gaya Hidup Minimalis? Yuk Simak Filosofinya!

2. Kesehatan mental

Ilustrasi meja kerja minimalis (pixabay.com/@Candid_Shots)

Tak perlu pusing, dengan membuang kelebihan barang, tanggung jawab atau aktivitas dapat mengangkat beban dan dapat membantu kamu merasa lebih ringan secara mental.

3. Manfaat lingkungan

Ketika menggunakan lebih sedikit dan menyederhanakan barang-barang sejak dini, jejak dan limbah secara keseluruhan juga berkurang. Tentu harus sadar cara menyingkirkan barang yang tidak digunakan lagi akan membantu menjaga lingkungan, terutama meminimalisir barang plastik juga sangat bermanfaat bagi lingkungan.

4. Tetap bersih dan teratur

Baca Juga: 6 Langkah Terapkan Gaya Hidup Frugal, Agar Pengeluaran Tak Sia-sia!

Kekacauan pasti akan muncul di rumah, tetapi memiliki lebih sedikit barang akan memudahkan untuk menemukan barang dan merapikannya. Ini tidak hanya membawa kedamaian dalam ruangan, tetapi memiliki manfaat mental karena ruangan yang bersih dan teratur akan meningkatkan fokus dan menjernihkan pikiran.

Komentar