Suara.com - Minum teh hijau secara rutin tak hanya baik untuk metabolisme tubuh, namun juga memberikan perlindungan pada kesehatan otak.
Penelitian terbaru yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi tiga gelas atau lebih teh hijau setiap hari dapat membantu mengurangi risiko kerusakan otak yang berhubungan dengan demensia.
Dilansir dari Medical Daily, teh hijau dan kopi diketahui memiliki kandungan neuroprotektif yang bermanfaat bagi otak.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan manfaat kognitif dari kedua minuman ini. Namun, penelitian skala besar terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature menyoroti bahwa efek perlindungan otak lebih signifikan pada konsumsi teh hijau dibandingkan kopi.
Dalam studi tersebut, lebih dari 8.000 peserta berusia 65 tahun ke atas dievaluasi melalui data diet, pemindaian MRI, dan tes kognitif. Analisis menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara signifikan berhubungan dengan volume lesi materi putih (WML) yang lebih rendah. Volume WML yang rendah menunjukkan kesehatan otak yang lebih baik.
Penelitian ini mengelompokkan peserta berdasarkan jumlah konsumsi harian teh hijau dan kopi, mulai dari 0–200 ml hingga ≥601 ml per hari.
Hasilnya, mereka yang minum tiga gelas atau lebih teh hijau per hari memiliki volume lesi materi putih tiga persen lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya minum 200 ml atau kurang. Bahkan, konsumsi hingga 1.500 ml teh hijau per hari menurunkan volume WML hingga enam persen.
Sebaliknya, konsumsi kopi tidak memberikan dampak signifikan pada pengukuran kesehatan otak, termasuk volume hipokampus dan volume otak total.
Para peneliti menyimpulkan, “Peningkatan konsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya lesi materi putih otak. Temuan ini menunjukkan bahwa teh hijau, terutama jika diminum tiga gelas atau lebih per hari, dapat membantu mencegah demensia vaskular dan Alzheimer.”
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Para peneliti hanya fokus pada asupan teh hijau dan kopi sebagai minuman, tanpa mempertimbangkan kandungan zat bioaktif dari metode penyeduhan atau konsumsi makanan lain.
Selain itu, karena studi bersifat cross-sectional, tidak dapat ditentukan hubungan kausal antara konsumsi teh hijau dan lesi materi putih otak.
Namun, hasil ini semakin memperkuat manfaat teh hijau sebagai minuman sehat yang berpotensi melindungi otak dari kerusakan akibat penuaan. (antara)
Berita Terkait
-
Cara Edit Foto ala Cover Album 'Teh Hijau' Tulus di Canva, Bikin Konten Viral yang Estetik
-
Saat Semua Saran Tak Lagi Membantu: Belajar Menerima Rasa Lelah Lewat Lagu "Teh Hijau" Tulus
-
Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau? Ketahui agar Manfaat yang Didapat Maksimal
-
Sama-sama Hijau, Ini 5 Perbedaan Mendasar Teh Hijau dan Matcha
-
Dari Latte Sampai Brownies: 7 Kreasi Matcha yang Bikin Dunia Jatuh Cinta
Terpopuler
- Demi Ketenangan Almarhum, Orang Tua Affan Kurniawan Mohon Tak Ada Peringatan Setahun Kematian
- Masuk Desil 10 Padahal Penghasilan Pas-pasan? Jangan Panik, Ini Arti dan Penjelasan Resminya
- 12 Ikan Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, Cocok untuk Akuarium di Rumah
- Jelang FIFA ASEAN Cup 2026, Kevin Diks Tegas Sistem Empat Bek Lebih Cocok
- Mau Terlihat Lebih Muda? Ini 5 Pilihan Warna Lipstik yang Bisa Dicoba
Pilihan
-
Gempa 6,4M Guncang Sumatera Utara sampai Sumbar
-
Masih Banyak Warga NTT Terjebak di Bawah Reruntuhan Bangunan, 2000 Orang Mengungsi
-
Info Terbaru Gempa NTT: 15 Warga Manggarai Tewas, 280 Bangunan Jadi Puing
-
5 Bandara Rusak Diguncang Gempa NTT, Landasan Pacu Sampai Retak
-
Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam
Terkini
-
Parigi Moutong Diguncang Gempa M 6,2 Tengah Malam, BMKG Minta Warga Waspada
-
Pengibaran Bendera Bulan Bintang Picu Bentrok di Masjid Raya Baiturrahman
-
Air Laut Surut Lalu Masuk Permukiman, Warga Pasimarannu Panik Mengungsi Mandiri
-
Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan
-
Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas
-
Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak
-
PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi
-
Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!
-
Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah
-
Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara