Ilustrasi main game. (Dok : Sharp Indonesia)

Suara.com - Jika ada yang bilang bahwa main game identik dengan kebiasaan negatif, jangan terlalu percaya, deh! Sebab berdasarkan penelitian, main game justru bisa membawa sejumlah manfaat positif, lho!

Salah satu benefit yang bisa diambil dari gaming adalah dampak positif bagi kesehatan. Bukan saja kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental, alias jiwa dan raga.

Para peneliti di luar negeri telah melakukan banyak riset terkait aktivitas gaming, yang biasanya dilakukan anak-anak dan remaja. Gaming secara berlebihan memang berpengaruh pada turunnya produktivitas seseorang, tapi jika dilakukan dengan bijaksana, main game justru menjadi salah satu ‘obat’ bagi Anda yang sedang mengalami kelelahan atau kejenuhan.

Berikut sejumlah fakta kesehatan yang bisa dirangkum soal manfaat gaming bagi kesehatan;
1. Memperbaiki suasana hati
Setelah berbagai aktivitas yang sibuk, baik di sekolah maupun pekerjaan, bermain game bisa membuat suasana hati berubah menjadi lebih baik. Kepenatan bisa hilang sekejap ketika Anda meluangkan waktu untuk gaming.

2. Mengurangi depresi
Gaming juga mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan depresi yang tengah Anda alami, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Ketika Anda meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda gembira, maka tingkat stres dan depresi akan turun secara signifikan.

3. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah
Ternyata game bisa mengembangkan kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah. Kesimpulan dari sebuah penelitian menyatakan, bermain game dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mencari solusi dalam setiap masalah yang disuguhkan.

4. Belajar ketahanan dan menghadapi kegagalan
Saat anak bermain game, sebenarnya orangtua bisa memperhatikan, apa yang akan mereka lakukan jika kalah atau gagal mencapai poin. Apakah mereka akan marah-marah atau santai menghadapinya dan mencoba lagi. Dengan gaming, anak sebenarnya diajak untuk belajar ketahanan dan mampu menghadapi kegagalan dengan cara yang bijaksana.

5. Membuat rileks
Gaming akan membuat seseorang merasa lebih rileks. Penelian menyimpulkan, saat kondisi sedang rileks, maka tubuh akan menghasilkan hormon erotonin, dopamin, relaksin, atau oksitosin, yang membuat Anda merasa bahagia.

Bermain Game Lebih Asyik dengan Aquos Sound Partner
Bicara soal gaming, kini banyak tersedia produk-produk yang ditawarkan untuk memudahkan Anda bermain game lebih nyaman dan lebih asyik. PT Sharp Electronics Indonesia, misalnya, baru saja meluncurkan produk andalannya, Aquos Sound Partner (AN-SS1).

Produk berbasis one-of-a-kind technology ini menjadi salah satu penunjang kegiatan gaming Anda, termasuk saat Anda tengah bersantai mendengarkan musik. Aquos Sound Partner telah meluncur di pasaran sejak Februari 2019. Sejumlah inovasi baru membuat Sharp optimistis, Ear Free Bluetooth Shoulder Speaker akan digemari kalangan anak muda dan milenial.

Adapun sejumlah keunggulan diciptakan produk ini, yaitu;
1. Bluetooth V4.1 with Sound Vibration Speaker (SVS)
Aquos Sound Partner dilengkapi dengan Bluetooth versi 4.1, yang memiliki koneksi lebih baik, lebih canggih, dan lebih cepat. Bluetooth speaker-nya dapat memberi pengalaman mendengarkan musik yang berbeda dan mampu mengurangi gangguan telinga yang menjadi masalah pemakaian earphone atau headphone konvensional.

2. Built-in Rechargeable Battery
Baterai merupakan rechargeable lithium, yang bisa digunakan selama seharian penuh. Aquos Sound Partner hanya perlu diisi kurang dari 2,5 jam, tapi dapat menemani selama 14 jam.

3. Fitur Dual
Aquos Sound Partner dilengkapi dengan fitur dual streaming dengan fasilitas dongle, sehingga konsumen bisa menghubungkan dua perangkat ke satu dongle secara bersamaan. Selain bisa digunakan untuk mendengarkan musik, Aquos Sound Partner juga bisa untuk menonton TV dan menambah keseruan saat bermain game.

4. Ringan, Ear Free dan Hand Free
Beratnya hanya 88 gram saja, ear free dan hand free, sehingga konsumen tak merasakan berat akibat body speaker-nya. Desainnya pun minimalis dan tersedia dengan pilihan warna Black, White, Navy Blue and Rose Gold.

Aquos Sound Partner. (Dok : Sharp Indonesia)

5. Compatible with wide variety of TV, Gaming products and mobile devices
Aquos Sound Partner mampu dikoneksikan dengan TV atau perangkat seluler melalui Bluetooth dongle yang didapat dalam kemasan pembelian. Fungsinya semakin variatif karena terhubung dengan AI interface dalam telepon genggam, sehingga memungkinkan Aquos Sound Partner mampu menangkap perintah suara Siri pada iOS dan Google Assistant pada Android.

Satu kelebihan lagi, kehadiran Bluetooth speaker pada Aquos Sound Partner dapat memberi pengalaman mendengarkan musik dan bermain game yang berbeda bagi konsumen, tanpa gangguan telinga yang biasanya terjadi akibat penggunaan earphone atau headphone.

Tak cuma membuat gatal atau telinga berat, earphone juga disebut-sebut mampu menyebabkan infeksi. Hal ini tentu bukan menjadi persoalan penggunaan Aquos Sound Partner.

Harga yang ditawarkan sekitar Rp 1,6 juta per unit. Satu lagi, Anda bisa mendapatkan garansi hingga satu tahun! Untuk keterangan lebih lanjut, silakan cek https://id.sharp/products/shoulder-speaker.