Chandra Iswinarno
Senin, 25 November 2019 | 02:00 WIB
Suasana pasca Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. [Antara]

Suara.com - Kebakaran yang terjadi di Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan diprediksi merugikan warga hingga mencapai puluhan miliar rupiah.

Menurut laporan Camat Pulau Sebuku H Joko Pitoyo seperti dilansir Antara pada Minggu (24/11/2019), kerugian tersebut berupa hangusnya sejumlah bangunan dan harta benda lainnya.

Bangunan yang terbakar habis berupa rumah tinggal, ruko, rumah kos, langgar, kantor kapolsek, rumah warga sekitar 200 unit termasuk dua pasar, yakni pasar Desa Sungai Bali dan pasar Rampa, serta bangunan sarang burung walet milik warga setempat.

Untuk korban terdampak kebakaran sekitar 750 jiwa atau 104 kepala keluarga yang berasal dari RT 01 sebanyak 56 KK, RT 03 sebanyak 24 KK dan RT 04 sebanyak 24 KK. Sedangkan, total warga Desa Sungai Bali dari lima rukun tetangga berjumlah sekitar 1.400 jiwa.

Bantuan yang telah diterima dari Instalasi dan masyarakat antara lain dari Dinas Sosial Kotabaru berupa beras melon lima kilogram sebanyak 40 sak dan beras gerobak pandan 10 kilogram sebanyak 20 sak, serta supermi 80 dus, air mineral 80 dus, gula pasir 80 kilogram.

Selain memberikan bantuan, tim juga telah membuat posko kebakaran yang memberikan pelayanan kepada para korban berupa konsumsi.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga telah membangun tenda posko penanggulangan bencana di Desa Balambus.

Read more...