Chandra Iswinarno
Selasa, 21 Januari 2020 | 15:14 WIB
Banjir di Jorong Kampuang Surau Nagari Gunuang Salasi Kecamatan Pulau Punjuang Kabupaten Dharmasraya, Selasa (21/1/2020). [Foto: Istimewa]

Suara.com - Selain longsor yang terjadi di Kabupaten Sijunjung, bencana banjir akibat tingginya intensitas hujan juga terjadi di Jorong Kampung Surau, Nagari Gunuang Salasi Kecamatan Pulau Panjang Kabupaten Dharmasraya.

Banjir yang terjadi pada Selasa (21/1/2020) mulai pukul 04.10 WIB mengakibatkan rumah warga tergenang air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Erman Rahma mengemukakan ketinggian banjir setinggi orang dewasa. Pun tak hanya banjir, longsor juga terjadi di jorong tersebut hingga menutup akses jalan lintas Sumatera dua arah.

"Longsor juga mengakibatkan menutup akses Jalan Nasional," ujarnya seperti dilansir Covesia.com-jaringan Suara.com.

Erman mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah yang diperlukan, yakni berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Dharmasraya.

"Saat ini personel sedang mengevakuasi warga dan melakukan pendataan akibat banjir tersebut," katanya.

Untuk diketahui, tingginya intensitas hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) juga menyebabkan terjadinya longsor di kawasan Kabupaten Sijunjung.

Erman mengemukakan longsor terjadi di jalan nasional lintas Sumatera hingga mengakibatkan akses putus total.

Lokasi longsor diketahui berada di Jorong Batang Tiau Nagari Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru. Longsor yang terjadi pada Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 05.35 WIB tersebut juga mengakibatkan rumah warga rusak.

Selain di kawasan tersebut, longsor juga terjadi di titik lain, yakni di Jorong Batang Talang, Nagari Muaro Takuang, sebelum Pasar Sungai Tambang.

Longsor yang terjadi sekitar pukul 06.00 WIB itu mengakibatkan akses Jalan Nasional Sumbar-Riau tertutup.

Read more...