Reza Gunadha | Vita
Sabtu, 01 Agustus 2020 | 19:27 WIB
Patung lilin Soekarno di Bangkok. (Shutterstock)

Suara.com - Sebentar lagi Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus mendatang. Seperti yang kita ketahui bahwa perjuangan para pahlawan untuk merebut Kemerdekaan RI tidaklah mudah banyak pertumpahan darah yang terjadi.

Menyambut hari kemerdekaan RI tersebut tidak ada salahnya mengenang perjuangan para pahlawan melalui kutipan-kutipan bersejarah yang dilontarkan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Kutipan-kutipan ini cocok untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan Soekarno dan mengenang jasa-jasanya.

Berikut 15 quotes Bung Karno:

  1. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.

  2. Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

  3. Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyaknya keringat.

  4. Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayap burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.

  5. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

  6. Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan geplek tapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak.

  7. Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa. satu ke dunia sama ratap sama tangis!

  8. Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!

  9. Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita

  10. Apakah kita mau Indonesia merdeka, yang kaum Kapitalnya merajalela ataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan?

  11. Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan aku guncangkan dunia.

  12. Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

  13. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

  14. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.

  15. Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.

Itulah 15 quotes Bung Karno untuk menyambut Kemerdekaan RI ke-75.