News / nasional
Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidato dalamĀ  acara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). [Dok. KIP-Setwapres]

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Dalam pidatonya, ia menilai PON tahun ini menjadi yang tersulit, meski dapat terselenggara dengan baik.

"Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses," kata Ma'ruf.

Menurutnya, penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Bumi Cenderawasih yang berjalan dengan sukses dapat menjadi catatan sejarah ajang olahraga nasional.

Baca Juga: Tutup PON Papua, Lukas Enembe: Kita Jumpa Lagi di Aceh dan Sumatera Utara

Dia mengakui kalau tidak mudah dalam menyelenggarakan PON XX Tahun 2021 di masa pandemi Covid-19, terlebih lokasi pelaksanaan yang tersebar di Jayapura, Mimika, dan Merauke, serta pembangunan infrastruktur yang sangat masif dilakukan dalam rangka menyambut ajang olahraga bergengsi ini.

"Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan dan warga Papua berhasil menyelenggarakan dengan sempurna," ujarnya.

Kesuksesan penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 juga diakui Ma'ruf menjadi pembuktian diri bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kokoh dan mampu bersinergi dalam menyukseskan gelaran PON XX Tahun 2021.

Mengakhiri sambutannya, Wapres menutup rangkaian PON XX Tahun 2021 dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan pagelaran ini.

"Terima kasih dan penghargaan tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Gubernur Papua, Bapak Lukas Enembe, selaku Ketua Panitia Nasional PON XX Tahun 2021 atas keberhasilannya menyelenggarakan PON XX Tahun 2021 dengan baik, aman, dan penuh prestasi," ujarnya.

Baca Juga: Penutupan PON: Papua Serahkan Tongkat Estafet Tuan Rumah ke Aceh dan Sumut

"Dengan mengucap alhamdulillahirabbil'alamin puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Pekan Olahraga Nasional Nasional (PON) XX Tahun 2021 secara resmi saya nyatakan ditutup."

Komentar