News / metropolitan
Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Gelaran Formula E bakal berlangsung di Jakarta. (fiaformulae)

Suara.com - Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, menduga pihak Formula E Operation belum mengecek langsung lokasi calon sirkuit di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Pasalnya, tanah di tempat itu masih lembek dan masih ada yang berlumpur.

Bahkan, kaki Ketua Umum PSI, Giring Ganesha terjeblos ke dalam tanah ketika melakukan kunjungan langsung Rabu (5/1/2022) kemarin. Menurutnya hal ini terjadi karena tanah yang belum dimatangkan.

Karena itu, menurutnya keputusan memilih Ancol sebagai lokasi balapan hanya dilakukan sepihak oleh penyelenggara Formula E Jakarta saja. FEO dinilainya belum memastikan tempat itu bisa dijadikan trek balapan atau tidak.

"Saya juga tidak yakin FEO sudah turun ke lokasi untuk memberikan kepastian bahwa tempat itu bisa dilangsungkan pembangunan sirkuit di sana," ujar Anggara di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga: Giring Sebut Formula E Proyek Ambisius untuk Nyapres, Kader Demokrat: Nyindir Siapa?

Perihal sidak yang dilakukan Giring, Anggaran menilai tindakan itu adalah hal yang biasa. Apalagi Giring merupakan Ketua Umum partai politik sekaligus warga Jakarta.

"Jadi saya rasa hal yang wajar dan lumrah saja, karena isu Formula E ini kan sangat berdampak besar ya karena uang rakyat yang sampai hari ini belum jelas pertanggungjawabannya seperti apa," jelasnya.

Anggara yang juga ikut datang ke lokasi menemani Giring menyebut sampai saat ini belum ada persiapan secara teknis yang dilakukan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Padahal kondisi tanah yang masih lembek butuh waktu lama untuk dimatangkan agar bisa jadi lintasan balap.

"Dari kasat mata kan masih sangat mentah ya, karena tanahnya butuh penguatan kan, penguatan tanah itu kan butuh waktu ya," pungkasnya.

Baca Juga: Sidak Lokasi Formula E, Giring Eks Nidji Syok Lihat Kondisinya, Banyak Kambing Berkeliaran

Komentar