News / nasional
Rifan Aditya
Cara Tes Bahasa Inggris Online Anti Ribet Cuma Pakai Aplikasi EnglishScore British Council (englishscore.com)

Suara.com - Mau tahu seberapa hebat kemampuan bahasa Inggris kalian? Ingin ikut tes tapi terhalang pandemi. Suara.com punya tips dan cara tes bahasa Inggris online anti ribet.

Cara tes bahasa Inggris online ini hanya menggunakan aplikasi di ponsel dan dapat kalian akses di rumah. Aplikasi tes bahasa Inggris online ini bernama EnglishScore dari British Council.

Tes Bahasa Inggris Online

Saat ini, tersedia Mobile English test and certificate British Council Englishscore di aplikasi ponsel yang dapat membantu para siswa dan mahasiswa untuk mengikuti sertifikasi Bahasa Inggris dengan mudah. EnglishScore hadir sebagai salah satu solusi untuk tes bahasa inggris dengan hasil yang terpercaya.

Baca Juga: 4 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Otodidak dan Nggak Perlu Repot Datang ke Tempat Kursus

Dalam aplikasi EnglishScore kalian akan diuji kemampuan tata bahasa (grammar), kosa kata (vocabulary), mendengarkan (listening) dan membaca (reading). Seperti tes bahasa Inggris IELTS, TOEFL dan TOEIC.

Nantinya, kalian yang telah mengikuti tes akan mendapat sertifikat EnglishScore yang diakui di seluruh dunia. Sertifikat tersebut dapat menjadi bukti melamar pekerjaan dan mencari kampus untuk kuliah.

Cara tes bahasa Inggris online pakai aplikasi EnglishScore pun cukup mudah:

  1. Download aplikasi British Council EnglishScore yang tersedia di Google Play dan Apps Store. Atau kunjungi https://www.englishscore.com/ .
  2. Install dan buka aplikasi British Council EnglishScore.
  3. Log in ke aplikasi tersebut, jika belum memiliki akun British Council EnglishScore harap registrasi dahulu dengan klik "Get started". Kalian dapat mendaftar dengan email atau akun Facebook.
  4. Kemudian akan muncul pilihan level tes (Beginner, Intermediate, advanced, dan I don't know). Pilih sesuai kemampuan bahasa Inggris kalian saat ini.
  5. Setelah itu, pilih kebutuhan tes bahasa Inggris kalian. Misalnya untuk pelajar, pekerjaan, atau visa.
  6. Karena kalian akan mendapat sertifikat, maka sebelum tes dia mulai kalian juga diminta untuk foto selfie dengan tampak muka seperti ketentuan yang telah ditetapkan.
  7. Jika sudah foto, tes bahasa Inggris dapat dimulai dan jawab semua soal yang diberikan.

Perlu diingat, bahwa tes bahasa Inggris online dengan aplikasi EnglishScore ini membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit. Jadi pastikan baterai ponsel kalian terisi penuh.

Hasil tes EnglishScore berkisar antara 0 dan 599. Skor ini sejajar dengan A1-C1 pada skala CEFR.

Baca Juga: 30 Ucapan Imlek 2022 Bahasa Inggris dan Terjemahannya, Bagikan ke Sahabat dan Kerabat di Tahun Baru China

EnglishScore sendiri merupakan test kemampuan Bahasa Inggris di aplikasi ponsel yang diluncurkan oleh British Council untuk mempermudah ujian dan sertifikasi bahasa Inggris. Program ini sudah dipergunakan hampir di seluruh dunia dengan lebih dari 2 juta pengguna dan saat ini terus bertambah jutaan pengguna baru setiap tahunnya.

Komentar