Otomotif / motor
RR Ukirsari Manggalani
Ilustrasi perempuan berkendaraan sepeda motor [PT YIMM].

Suara.com - Kekinian, sepeda motor adalah alat tranportasi yang efisien bagi kaum Hawa maupun kaum Adam. Tanpa ada perbedaan, di ruas jalanan banyak ditemukan pengguna perempuan maupun lelaki.

Perbedaan mungkin terdapat di sektor memilihan jenis atau model sepeda motor. Serta operasionalnya, seperti jenis manual ataupun otomatis atau matik.

Satu hal lagi, untuk penggunaan kendaraan, terkadang kaum Hawa masih perlu dibantu. Seperti saat melakukan standar tengah. Di lokasi parkir, jurkir alias juru parkir akan ikut menarik handle di bagian belakang jok.

Jangan khawatir, keperluan penggunaan standar tengah ini bisa dilakukan sendiri, seperti tips yang dibagikan Yamaha Riding Academy (YRA) dari Yamaha Indonesia.

Baca Juga: Kawasaki Siapkan Motor Bebek Sport Pesaing Yamaha MX-King, Makin Seru Nih Persaingannya

Yamaha NMax 125, contoh penggunaan standar tengah. Sebagai ilustrasi [Yamaha]

"Sebagai salah satu produsen sepeda motor, menjadi kewajiban kami untuk aktif dalam memberikan pemahaman terkait teknik berkendara yang tepat untuk mendukung kemudahan penggunaan sepeda motor, khususnya bagi kaum wanita," demikian Antonius Widiantoro, Manager Public Relation & YRA, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), sebagaimana dikutip dari rilis resmi Yamaha yang diterima Suara.com.

Teknik kemudahan penggunaan standar tengah ini dapat diaplikasikan pada semua jenis motor. Dan keuntungannya antara lain adalah efisiensi tempat saat parkir, motor lebih stabil sehingga tidak mudah jatuh ketika tersenggol, dan membantu ban bergerak bebas saat penggantian ban atau mengisi angin.

Berikut adalah langkah melakukan standar sepeda motor tengah bagi kaum perempuan. Kaum lelaki pun bisa mempelajarinya dari sini:

  1. Posisikan motor pada bidang yang datar agar motor lebih seimbang dan ringan saat menggunakan standar tengah.
  2. Posisikan tubuh berdiri pada samping kiri motor.
  3. Posisikan tangan kiri memegang handle kiri dengan jari siap pada tuas rem, sedangkan posisi tangan kanan siap pada behel jok belakang.
  4. Lepaskan standar samping, pastikan motor berdiri tegak, dan luruskan roda depan.
  5. Injak tuas standar tengah dengan kaki kanan, karena memiliki kekuatan yang lebih baik saat menginjak tuas standar tengah.
  6. Rasakan kedua tuas standar tengah menapak pada bidang datar.
  7. Angkat kaki kiri perlahan saat kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Gunakan bantuan berat badan saat menginjak tuas standar tengah.
  8. Tangan kiri menarik handle kiri ke arah belakang dan tangan kanan membantu mendorong dengan gerakan ke arah belakang.
  9. Setelah berhasil, posisikan sepeda motor sesuai dengan arah yang benar. Tetap utamakan keamanan dengan posisikan handle ke kiri, lalu kunci sepeda motor.

Komentar