Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Kia Niro Touring, salah satu produk ramah lingkungan Kia [Kia via ANTARA].

Suara.com - Hyundai Motor dan Kia Corporation, afiliasi Hyundai mencatat kenaikan penjualan di Eropa untuk periode 2021.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap pada Rabu (19/1/2022), dalam setahun peningkatan itu mencapai 21 persen dengan penjualan tembus 1 juta unit untuk model ramah lingkungan.

Secara gabungan, Hyundai dan Kia mampu menjual kendaraan 1.018.563 unit di tahun lalu. Di mana terjadi demand yang tinggi untuk produk-produk ramah lingkungan.

Hyundai IONIQ electric , sebagai ilustrasi salah satu produk ramah lingkungan Hyundai [PT Hyundai Motors Indonesia].

Di sisi lain, Asosiasi Produsen Otomotif Eropa (ACEA) mencatat bahwa Hyundai-Kia berhasil menempati urutan keempat atau lebih tinggi dibandingkan BMW dalam pangsa pasar tahun lalu. Sehingga urutannya menjadi: Volkswagen Group, Stellantis, Renault Group, Hyundai-Kia, dan BMW.

Baca Juga: Tahun Lalu, Penjualan Mobil di Eropa Mencapai Rekor Terendah

Stellantis sendiri adalah perusahaan patungan 50:50 yang dibentuk melalui aliansi produsen mobil Amerika Serikat Fiat Chrysler dan produsen mobil Prancis PSA Groupe.

Hyundai dan Kia mencatat pangsa 8,7 persen di pasar kendaraan penumpang Eropa tahun lalu, atau naik 1,7 poin persentase dari tahun sebelumnya.

Untuk 2022, Hyundai-Kia bertujuan untuk menjual total 7,47 juta unit kendaraan. Atau 12 persen lebih tinggi dari penjualan sebesar 6,67 juta unit mobil di 2021.

Komentar

terkini