Otomotif / mobil
Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi mekanik mobil. (pixabay)

Suara.com - Mekanik bertanggung jawab dalam pemeliharaan mesin dan perbaikan kendaraan secara menyeluruh ketika terjadi kerusakan. Lalu, berapa gaji mekanik mobil di Indonesia?

Berdasarkan keahlian yang dimiliki profesi sebagai mekanik terbagi menjadi beberapa posisi. Ada mekanik yang khusus menangani kendaraan roda dua atau motor, mekanik mobil, bus hingga  truk dan sebagainya.

Jika Anda ingin menekuni profesi sebagai mekanik mobil, Anda harus menguasai mekanisme mesin dan struktur mobil. Selain itu seorang mekanik mobil juga harus mampu menemukan dan mengatasi kerusakan pada mobil.

Melansir Badan Pusat Statistik pertumbuhan sepeda motor di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 115.‚ÄČ023. 039. Angka ini belum termasuk jenis kendaraan bermotor lainnya seperti mobil penumpang, mobil bis, dan mobil barang.

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra Mengalami Peningkatan pada Januari 2022

Pertumbuhan kepemilikan kendaraan yang tinggi menjadi kesempatan bagi industri jasa layanan otomotif seperti bengkel. Hal ini merupakan peluang besar bagi mekanik mobil yang memiliki kemampuan tersertifikasi.

Tak hanya di bengkel, profesi mekanik mobil juga dibutuhkan di dealer mobil, agen penyewaan kendaraan, atau di perusahaan transportasi. Perusahaan-perusahaan transportasi membutuhkan jasa mekanik  untuk melakukan pemeliharaan rutin kendaraan.

Mengingat tingginya peluang profesi mekanik saat ini,  kira-kira berapa gaji mekanik mobil di Indonesia? Berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Berapa Gaji Mekanik Mobil di Indonesia?

Ilustrasi bengkel mobil. [Shutterstock/Kurhan]

Mengutip Indeed, gaji mekanik mobil di Jakarta berkisar antara Rp4.066.000. Sedangkan di Surabaya gaji profesi mekanik berkisar antara Rp4.049.000. Selain dua kota tersebut, gaji mekanik mobil di Bandung, Tangerang, Malang dan Medan berkisar antara Rp3.920.00 hingga Rp3.322.000.

Baca Juga: Renault Tebar Teaser Mobil Konsep Bertenaga Hidrogen, Sekilas Mirip Megane

Kisaran gaji mekanik mobil yang ada di Indonesia berbeda-beda tergantung perusahaan tempat Anda bekerja. Semakin besar dan maju perusahaan tempat Anda bekerja maka semakin besar pula gaji yang akan Anda peroleh.

Selain bekerja di perusahaan ataupun bengkel penyedia jasa layanan otomotif, mekanik mobil dapat memanfaatkan kemampuannya lewat usaha bengkel yang dirintis secara mandiri. Selama pertumbuhan kendaraan bermotor terus meningkat maka kebutuhan jasa pelayanan ototmotif pun terus bertumbuh.

Demikian informasi mengenai gaji mekanik mobil di Indonesia. Bagi Anda yang sudah memiliki kemampuan di bidang otomatif tidak ada salahnya untuk mencoba menekuni profesi ini.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar

terkini