Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat menghadapi kompatriotnya, Jonatan Christie. [Humas PBSI]

Suara.com - Langkah positif dituai sektor tunggal putra Indonesia dalam perburuan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo. Dua pemain andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, untuk sementara memuncaki klasemen Road to Olympic.

Sebagaimana diketahui, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memberlakukan klasemen khusus kualifikasi yang telah dimulai sejak 29 April 2019 hingga 26 April 2020.

Jonatan Christie menempati peringkat pertama dengan raihan 20.318 poin. Poin ini hasil mengikuti turnamen New Zealand Open 2019 (juara), Piala Sudirman 2019, dan Australia Open 2019 (juara).

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting berada satu strip di bawah Jonatan. Dengan jumlah turnamen yang sama, tunggal putra 23 tahun itu memperoleh 16.422 poin.

Hendry Saputra, selaku pelatih tunggal putra PBSI, menyambut positif hasil sementara yang diraih dua anak latihnya.

Ia berharap, Jonatan dan Anthony bisa menjaga momentum demi merebut tiket lolos ke Olimpiade 2020.

"Kalau bisa ya berada di peringkat satu terus. Tapi minimal mereka harus masuk 16 besar (Road to Olympic). Tapi kan periode kualifikasi masih ada sekitar 10 bulan lagi," ujar Hendry ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Setiap negara hanya bisa meloloskan dua wakil dari sektor tunggal jika dua pebulutangkisnya mampu mempertahankan posisi di 16 besar Road to Olympic.

Hendry sendiri mengaku tak ingin terlalu memberi target muluk bagi Jonatan dan Anthony. Ia meminta kedua pemain minimal bisa bertahan di peringkat enam besar di akhir periode kalifikasi.

"Kalau bisa sih mereka berada di posisi enam besar. Itu penting untuk mendapat jatah unggulan (seeded). Start mereka saat ini sudah bagus. Saya prediksi masuk enam besar bisa, optimis," pungkasnya.

Kepala pelatih tunggal putra PBSI, Hendry Saputra. [Suara.com/Arief Apriadi]

Anthony dan Jonatan sendiri akan melanjutkan perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo. Keduanya dijadwalkan ikut ambil bagian di Indonesia Open 2019.

Indonesia Open 2019 menjadi salah satu ajang pengumpul poin kualifikasi menuju Olimpiade 2020. Ajang ini akan berangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 16-21 Juli mendatang.