Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Rabu, 18 Desember 2019 | 14:40 WIB
Timnas Basket Indonesia di kejuaraan Hualien Kwan-Fu International Basketball Tournament 2019, Taiwan. [Dok. Perbasi]

Suara.com - Perombakan susunan pemain terjadi di skuat Timnas Basket Indonesia. Perubahan ini bukan hanya hasil evaluasi SEA Games 2019, namun juga dalam rangka persiapan menghadapi kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020.

Selain berlaga di IBL 2020, Januari mendatang, Timnas Indonesia juga akan menjalani Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Tercatat ada tiga pemain yang membela skuat Garuda di SEA Games 2019 lalu yang dicoret.

Ketiganya antara lain Juan Laurent Kokodiputra, Avan Saputra, dan Reggie William Mononimbar.

Mereka digantikan oleh Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Arki Dikania Wisnu.

Brandon Jawato (kanan) saat memperkuat CLS Knights menghadapi Singapore Slingers di laga ketiga final ASEAN Basketball League (ABL) 2018/2019 di GOR Kertajaya, Surabaya, Rabu (8/5/2019) malam. [Dok. CLS Knights]

"Susunan pemain ini untuk mengikuti ajang IBL 2020," ujar Manajer Timnas Basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella, saat dihubungi Suara.com, Rabu (18/12/2019).

Pria yang akrab disapa Mocha itu menambahkan, perubahan yang dilakukan dalam skuat Timnas Indonesia berdasarkan hasil evaluasi SEA Games ke-30 di Filipina lalu.

Sebagai informasi, Timnas basket Indonesia gagal meraih medali di SEA Games 2019 setelah kalah dari Vietnam di laga perebutan peringkat ketiga.

Hasil itu merupakan penurunan dari SEA Games dua tahun lalu di Malaysia, di mana skuat Timnas Indonesia menjadi runner-up setelah kalah dari Filipina di final.

"Mereka kemarin menit bermainnya kurang banyak. Hasil di SEA Games 2019 kemarin juga bukan yang kami diharapkan," jelas Mocha.