Syaiful Rachman
Kamis, 17 September 2020 | 02:18 WIB
Rider Ducati, Andrea Dovizioso melakukan selebrasi di podium Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, usai memenangi MotoGP Austria 2019, Minggu (11/8/2019) malam WIB. [VLADIMIR SIMICEK / AFP]

Suara.com - Posisi Andrea Dovizioso di puncak klasemen pebalap MotoGP belum aman karena sembilan pebalap memiliki peluang untuk menjadi pemuncak baru di balapan seri ketujuh yang kembali digelar di Sirkuit Misano akhir pekan nanti.

Pebalap tim Ducati itu menggeser Fabio Quartararo, yang gagal finis di Misano akhir pekan lalu, ke peringkat dua setelah mengumpulkan total 76 poin dari enam balapan.

Sedangkan pebalap tim satelit Petronas Yamaha itu terpaut dengan margin enam poin saja.

"Kita telah melihat lima pemenang yang berbeda di enam balapan dan ini adalah salah satu kejuaraan yang paling ketat yang pernah kita dapati, jadi aku akan terus memberikan yang terbaik dan membuatnya menjadi milik kami," kata Quartararo seperti dikutip Antara dari laman MotoGP.

Rider tim Ducati Andrea Dovizioso saat jumpa pers di MotoGP Valencia. JOSE JORDAN / STR / AFP

Selain lima pebalap juara yang berbeda, sembilan pebalap teratas di klasemen kini dipisahkan dengan hanya 23 poin.

Jack Miller yang berada di peringkat tiga dengan 64 poin mendulang poin cukup besar untuk Pramac Racing setelah finis podium di dua balapan di Austria.

Di belakang pebalap Australia itu, Joan Mir tampil konsisten setelah dua kali gagal finis di Spanyol dan Ceko.

Pebalap yang menjalani tahun keduanya dengan tim Suzuki Ecstar itu selalu finis lima besar di empat balapan, dengan dua kali naik podium di Austria dan Misano untuk mendongkrak posisinya sebagai pesaing serius ke peringkat empat klasemen dengan 60 poin.

Sementara itu duet tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi sama-sama mengantongi 58 poin.

Pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi finis di posisi tiga MotoGP Andalusia, Spanyol, di belakang Fabio Quartararo dan Maverick Vinales Minggu (26/7/2020). [AFP]

Rossi kalah dari Vinales di dua balapan awal, namun The Doctor tampil cukup stabil dan selalu finis di depan sang pebalap Spanyol di empat balapan terakhir dan nyaris naik podium di kampung halamannya.