Sport / balap
RR Ukirsari Manggalani
Pembalap Kanada Racing Point, Lance Stroll, tiba untuk menginspeksi sirkuit jelang F1 GP Eifel di Sirkuit Nuerburgring di Nuerburg, Jerman (8/10/2020) [AFP/Ina Fassbender].

Suara.com - Lance Stroll merasa kurang sehat sejak Grand Prix Rusia bulan lalu, tetapi beberapa hasil tes terakhir menunjukkan driver Formula One (F1) asal Kanada itu negatif COVID-19. Demikian dikutip kantor berita Antara dari tim Racing Point pada Sabtu (10/10/2020).

Lance Stroll mengalami kecelakaan dalam balapan 27 September 2020 di Sirkuit Sochi, Rusia, melewatkan sesi latihan terakhir GP Eifel di Nurburgring, Jerman, dan digantikan Nico Hulkenberg, yang akan turun berlaga pada Minggu (11/10/2020).

Kepala tim Racing Point, Otmar Szafnauer mengatakan keputusan untuk menarik Lance Stroll dari balapan diambil setengah jam sebelum sesi latihan pagi. Yaitu satu-satunya sesi latihan setelah sirkuit Jerman itu diguyur hujan dan kabut yang membatalkan dua sesi latihan pembuka pada Jumat (9/10/2020).

"Dia sudah merasa tidak sehat sejak balapan di Rusia," papar Otmar Szafnauer, sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari Reuters, seraya menambahkan bahwa Lance Stroll mengeluhkan gejala mirip flu dan tidak mampu berlatih.

Baca Juga: Asapi Hamilton, Valtteri Bottas Rebut Position F1 GP Eifel

Bagian dari Sirkuit Nurburgring di Jerman. Sebagai ilustrasi trek (YouTube)

"Saya rasa dia sedikit demam. Pada awalnya kami mengira dia sebaiknya dites untuk virus Corona jenis baru. Kami telah mengetesnya beberapa kali, termasuk di pralomba dan menunjukkan hasil negatif tiga, empat kali. Dan dia tidak memiliki gejala klasik COVID-19. Dia hanya tidak merasa dirinya sehat dan semalam dia merasakan sakit perut," lanjutnya.

Lance Stroll disebutkan Otmar Szafnauer berkali-kali ke toilet. Dan menyatakan, banyak kehilangan cairan serta sulit bila mesti berada di jet balapnya mengingat mesti bolakbalik ke toilet sesegera mungkin.

"Saya tidak tahu apakah itu karena sesuatu yang dia makan atau hanya sakit perut," imbuh Otmar Szaufnauer.

Sebelumnya, pada Agustus lalu, Sergio Perez, rekan satu tim Lance Stroll, Sergio Perez melewatkan dua balapan di Silverstone, Inggris, karena terjangkit COVID-19.

Awal kejadiannya, Sergio Perez bertolak ke Meksiko untuk menjenguk sang ibu yang dirawat di rumah sakit karena kecelakaan. Sepulangnya dari sana, Sergio Perez terpapar virus Corona jenis baru itu.

Baca Juga: Valtteri Bottas Pimpin FP3 F1 GP Eifel, Hamilton Kedua

Sementara Lance Stroll sendiri telah dites COVID-19 pada Selasa (6/10/2020), dan menunjukkan hasil negatif pada hari berikutnya.

Komentar