Sport / balap
Rima Sekarani Imamun Nissa | Gagah Radhitya Widiaseno
Dalam file foto yang diambil pada 16 Juli 2020 ini, pebalap Monster Energy Yamaha Italia, Valentino Rossi menghadiri konferensi pers di arena pacuan kuda Jerez di Jerez de la Frontera menjelang Grand Prix Spanyol. [Foto/AFP]

Suara.com - Valentino Rossi memang sudah sejak lama diisukan pensiun dari MotoGP. Sebelum pindah ke tim Petronas Yamaha SRT, ia pun dikabarkan akan pensiun karena Yamaha memilih mengangkat pembalap muda Fabio Quartararo.

Namun seiring berjalannya waktu, The Doctor justru memilih pindah ke tim satelit Yamaha. Dalam kontraknya, ia dikontrak 1 tahun plus 1 tahun berikutnya jika performanya meningkat.

Hal inilah yang menjadi dasar pembalap bernomor 46 tersebut untuk memutuskan pensiun. Keputusan pensiun akan diumumnya di pertengahan musim MotoGP 2021 ini.

"Saya akan memutuskan selama liburan musim panas, jadi di tengah musim. Saya ingin menjalani setengah musim dan kemudian menentukan pilihan berdasarkan pada hasil," kata Rossi dikutip dari Crash.

Baca Juga: Pede di Petronas, Valentino Rossi Belum Menyerah Incar Gelar ke-10?

"Jika saya hebat dan dapat berjuang untuk podium, dapat berjuang untuk kemenangan, saya akan bertahan untuk tahun berikutnya. Jika tidak, maka pensiun," tambahnya.

Valentino Rossi resmi diperkenalkan Petronas Yamaha SRT dalam peluncuran tim yang berlangsung secara daring via YouTube MotoGP pada Senin (1/3/2021) pukul 16.30 WIB. [Dok. Petronas Yamaha SRT/MotoGP]

Ia pun mengakui kalau keputusan pensiun bukanlah hal yang mudah. Rossi merasa bahwa kehidupannya akan berubah drastis ketika berhenti menjadi pembalap.

Akan tetapi, juara dunia sembilan kali itu melempar wacana bakal tetap membalap tetapi tidak menggunakan motor. Kemungkinan, ia akan beralih mengedarai mobil.

"Saya ingin terus menjadi pembalap dan balapan dengan mobil. Jadi mungkin akan berubah, tetapi tidak banyak yang saya harapkan," ujar Valentino Rossi.

Baca Juga: Joan Mir Beri Dukungan ke Valentino Rossi, Bisa Sukses di Petronas Yamaha?

Komentar

terkini