Sport / balap
Reky Kalumata
Pebalap Red Bull Sergio Perez melintasi garis finis untuk menjuarai Grand Prix Azerbaijan di Sirkuit Baku. (6/6/2021) (AFP/Ozan Kose)

Suara.com - Sergio Perez merasakan podium teratas sebagai pebalap Red Bull setelah memenangi F1 GP Azerbaijan yang dramatis menyusul kecelakaan Max Verstappen di pengujung lomba.

Verstappen sedang dalam jalur kemenangan ketika di lap ke-47 ia kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas lintasan lurus utama sirkuit Baku dengan kecepatan tinggi.

Setelah Safety Car dikeluarkan, balapan diputuskan dihentikan sementara dengan tiga lap tersisa.

Perez dengan tenang menyelesaikan dua lap terakhir setelah restart, ketika Lewis Hamilton membuat kesalahan di tikungan pertama, melintasi finis dengan keunggulan 1,385 detik dari rival terdekat.

Baca Juga: F1 GP Azerbaijan: Kecepatan Ferrari di Luar Ekspektasi

Sebastian Vettel menikmati penampilan terbaiknya, serta podium pertama, di balik kemudi Aston Martin musim ini sebagai runner-up, sedangkan Pierre Gasly melengkapi mimbar di P3 untuk tim AlphaTauri.

"Saya prihatin untuk Max, dia menjalani balapan dengan sangat baik dan dia pantas menang," kata Perez pascalomba seperti dikutip Antara dari laman resmi F1.

"Tapi pada akhirnya ini adalah balapan yang fantastis bagi kami. Ketat, tapi kami mampu menyelesaikan balapan ini.

"Hamilton menekan saya, saya mendapati banyak tekanan dari dia. Tapi pada restart, saya bertekad, saya tidak ingin kehilangan ini."

Balapan sepanjang 51 putaran itu diawali tanpa drama ketika Charles Leclerc mengonversi pole position dengan mulus melaju ke Tikungan 1, memimpin lomba di depan Hamilton dan Verstappen.

Baca Juga: Tercepat di FP2 F1 GP Azerbaijan, Sergio Perez Akui Baru Paham Cara Kendarai RB16B

Tapi, di lap kedua, Hamilton memanfaatkan slipstream di belakang sang pebalap Ferrari ketika melaju di lintasan lurus utama demi mengambil alih pimpinan lomba.

Komentar