Sport / balap
Rully Fauzi
Cal Crutchlow saat memperkuat LCR Honda di MotoGP 2020 lalu. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Suara.com - Cal Crutchlow mendapat tugas dari tim Petronas Yamaha SRT dan pabrikan Yamaha untuk menggantikan Franco Morbidelli di tiga balapan lanjutan MotoGP 2021, yakni mulai GP Styria pekan depan karena sang pebalap Italia harus menjalani pemulihan pascaoperasi lutut kirinya.

Crutchlow yang merupakan mantan pebalap tim LCR Honda akan kembali turun ke trek untuk berkompetisi di dua balapan di Red Bull Ring, Austria serta MotoGP Inggris 2021 di Silverstone.

Pebalap Inggris itu sudah malang melintang sebagai pebalap di MotoGP sejak turun di kelas premier sedari 2011, menjalani tiga musim dengan Yamaha, sebelum menjadi test rider tim pabrikan Jepang itu musim ini.

"Setelah melihat semua opsi, meminta Cal Crutchlow menggantikan Franco, sementara ia memulihkan diri dari cedera, merupakan keputusan kolektif Yamaha dan kami," kata kepala tim Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali.

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo: Indonesia Turun meski Tambah Satu Perunggu

"Cal adalah pebalap yang kredibel dan berpengalaman, yang saat ini merupakan test rider Yamaha. Sebagai tim Independen, ini merupakan cara kami bisa benar-benar melangkah untuk membantu Yamaha," sambungnya seperti dilansir laman resmi tim.

Namun demikian, Razali mengungkapkan ia tidak memasang target hasil bagi Crutchlow di tiga balapan ke depan MotoGP 2021.

Sementara itu, Crutchlow sendiri cukup senang bisa kembali ke trek setelah terakhir kali tampil kompetitif bersama tim satelit Honda tahun lalu.

"Senang rasanya bisa kembali membalap dengan Yamaha tahun ini sebagai test rider resmi dan mampu menjalankan tugas ketika dibutuhkan baik bagi semua pihak. Saya sangat menantikan membalap untuk Petronas Yamaha SRT di tiga Grand Prix ini," kata Crutchlow.

"Pastinya ini bukan situasi terbaik dan saya berharap Franco segera pulih, saya harap ia kembali lebih kuat setelah operasi lutut. Saya yakin dia telah membalap dengan luar biasa dalam dua tahun terakhir."

Baca Juga: Rekap Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo, Rabu 28 Juli

"Saya rasa sulit memasang target untuk tiga balapan ini dan ini akan lebih ke soal memahami motor, karena saya memiliki hari-hari pengujian yang terbatas tahun ini."

Komentar