Sport / arena
Arief Apriadi
Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie tampil di babak penyisihan tunggal putra Grup G Olimpiade Tokyo di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang. [ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger]

Suara.com - Perjuangan tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 terus berlanjut. Di hari keenam, tepatnya Kamis (29/7/2021), 10 wakil Indonesia dari tiga cabang olahraga (cabor) akan turun bertanding.

Dari cabor bulutangkis, enam wakil Merah Putih akan berlaga di fase gugur. Mereka antara lain Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie dari sektor tunggal.

Serta Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (ganda putra), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari sektor ganda putri.

Tiga wakil tunggal akan memainkan babak 16 besar. Gregoria ditantang jagoan Thailand, Ratchanok Intanon, Anthony ditunggu wakil tuan rumah Kanta Tsuneyama, dan Jonatan berhadapan dengan Shi Yu Qi (China).

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo: Indonesia Turun meski Tambah Satu Perunggu

Perjalanan Gregoria yang akan mengawali perjuangan wakil Indonesia hari ini mulai pukul 07.00 WIB, dipastikan tak akan mudah.

Untuk bisa melaju ke babak berikutnya, ia harus bisa menyingkirkan Intanon yang secara peringkat berada di posisi keenam dunia, jauh di atas Gregoria di urutan ke-23.

Bahkan sepanjang tujuh pertemuan sebelumnya, wakil Indonesia tak pernah menang dari Intanon. Seperti yang terjadi pada laga terakhir di Malaysia Masters 2020, ketika Gregoria kalah dari Intanon dengan skor 24-22, 19-21, 15-21.

Meski secara statistik tak diunggulkan, Gregoria mengaku akan berjuang dan tak ingin membuang kesempatan. "Saya tidak peduli siapa lawan yang akan saya hadapi di babak 16 besar nanti. Saya sudah siap memberikan yang terbaik, siapa pun lawannya. Saya tidak mau membuang kesempatan yang berharga ini,” kata Gregoria dalam laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Rabu.

Gregoria melaju ke babak 16 besar setelah menyelesaikan fase penyisihan sebagai juara Grup M. Ia sukses sapu bersih dua laga dengan menaklukkan pemain Myanmar Thet Htar Thuzar 21-11, 21-8 dan wakil Belgia Lianne Tan dua gim langsung 21-11, 21-17.

Baca Juga: Rekap Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo, Rabu 28 Juli

Dua kemenangan tersebut menjadi modal penting Gregoria dalam menghadapi Intanon yang merupakan juara Grup N.

Komentar