Sport / arena
Rully Fauzi
Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Pollii (kiri) dan Apriyani Rahayu meraih medali emas di Olimpiade Tokyo. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Suara.com - Kontingen Indonesia dipastikan finis di peringkat ke-55 dalam klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo dengan raihan lima medali; satu emas, satu perak dan tiga perunggu usai rangkaian pertandingan di hari terakhir, Minggu (8/8/2021).

Indonesia, yang sudah mengakhiri perjuangannya di Olimpiade 2020 Tokyo sejak 2 Agustus, berada di posisi kedua terbaik di antara negara-negara Asia Tenggara, di bawah Filipina yang berada di peringkat ke-50 klasemen akhir medali dengan raihan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Sementara itu, Thailand finis di urutan ke-59 dengan satu emas dan satu perunggu, disusul Malaysia di posisi ke-74 dengan satu perak dan satu perunggu.

Kontingen Indonesia sendiri sempat bercokol di posisi ke-35 klasemen, peringkat tertingginya di Tokyo, pada 2 Agustus lalu berkat raihan emas Greysia Polii / Apriyani Rahayu dan satu perunggu dari Anthony Ginting di cabang bulutangkis. 

Baca Juga: Sambil Lap Ingus, Messi Pastikan PSG Jadi Opsi Berlabuhnya Usai Tinggalkan Barcelona

Namun, tim Merah-Putih pada akhirnya melorot hingga urutan ke-55 karena sudah tidak bisa menambah medali mengingat tidak ada lagi atlet Tanah Air yang berlaga di Tokyo sejak 2 Agustus.

Sementara itu, negara-negara lain menambah pundi-pundi medalinya hingga hari terakhir Olimpiade.

Pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Kontingen Indonesia mengirimkan 28 atlet yang bertanding pada tujuh cabang olahraga dan finis di peringkat ke-46, dengan raihan satu medali emas dari cabang bulutangkis serta dua perak dari angkat besi.

Kontingen Merah-Putih sebelumnya diberi target oleh pemerintah bisa mengalami peningkatan peringkat dari posisi ke-46 di Rio 2016 menjadi posisi ke-40 di Olimpiade Tokyo.

Akan tetapi, target tersebut dipastikan gagal tercapai.

Baca Juga: Tangis Lionel Messi Pecah, Akui Tinggalkan Barcelona Momen Terberat dalam Karier

Komentar