Sport / balap
Rully Fauzi
Rider Pramac Racing, Jorge Martin melakukan selebrasi usai memenangi MotoGP Styria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (8/8/2021) malam WIB. [Joe Klamar / AFP]

Suara.com - Rookie tim Pramac Racing alias Pramac Ducati, Jorge Martin meraih kemenangan pertamanya di kelas premier, setelah mengalahkan juara dunia bertahan, Joan Mir dari tim Suzuki pada seri lanjutan MotoGP 2021, yakni MotoGP Styria di Sikruit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (8/8/2021) malam WIB.

Mir meraih hasil terbaiknya musim ini sebagai runner-up setelah finis 1,548 detik berselang, dan Fabio Quartararo melengkapi podium untuk mempertahankan posisi pemuncak klasemen.

Martin mengawali lomba dengan pole position keduanya musim ini, namun balapan kesepuluh di kalender itu harus dihentikan sementara setelah tiga lap menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori.

Pedrosa terjatuh ketika di Tikungan 3 dan mendapati motor KTMnya dilindas motor Aprilia milik Savadori sehingga tabrakan tak terhindarkan hingga kedua motor terbakar.

Baca Juga: Tanpa Penonton, Para Atlet Berbaur Budaya Rayakan Penutupan Olimpiade Tokyo

Bendera merah dikibarkan dan para petugas berusaha memadamkan api dan membersihkan trek dari serpihan tabrakan, sementara Savadori harus ditandu untuk menjalani pemeriksaan medis kendati dinyatakan fit untuk melanjutkan balapan.

Pedrosa, yang mendapat jatah wildcard untuk KTM, lolos dari cedera serius dan kembali ke garasi KTM.

Setelah trek dibersihkan dari tumpahan oli dan serpihan tabrakan para pebalap start ulang dengan posisi grid semula, namun Maverick Vinales harus start dari jalur pit karena gagal menjalankan motornya untuk lap pemanasan.

Mir, yang start dari baris kedua, menjadi pengganggu para pebalap Ducati setelah Suzuki untuk pertama kalinya menyematkan alat pengatur ketinggian motor di tunggangan sang juara dunia bertahan.

Berkat alat tersebut, Mir mampu membawa motor GSX-RR lebih stabil di trek dan bertarung untuk posisi teratas sejak awal balapan.

Baca Juga: Klasemen Akhir Olimpiade Tokyo: AS Juara Umum, Indonesia Negara ASEAN Terbaik Kedua

Sang pebalap Spanyol mampu merangsek ke posisi kedua namun tertahan di belakang Martin hingga balapan usai. Ini merupakan podium kedua kali bagi Martin musim ini, setelah finis P3 di Qatar pada awal musim.

Komentar