Sport / arena
Rully Fauzi
Suasana Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang, Minggu (8/8/2021) malam WIB. [Daniel LEAL-OLIVAS / AFP]

Suara.com - Para atlet dari berbagai negara ataupun kontingen, dengan mengenakan masker, memasuki lapangan Olympic Stadium yang kosong tanpa penonton merayakan Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo, Minggu (8/8/2021) malam WIB.

Mereka berkumpul membawa bendera dan berjalan dengan santai, berfoto dengan olimpian lain diiringi irama musik yang mewakili berbagai negara di dunia.

Namun, tidak semua rombongan kontingen negara dapat mengikuti upacara penutupan ini. Hal itu dikarenakan para atlet harus meninggalkan Kampung Atlet dan kembali ke negaranya dalam waktu 2 x 24 jam usai pertandingan mereka, dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Mereka yang menghadiri upacara penutupan adalah mereka yang menyelesaikan pertandingan beberapa hari sebelum ceremony ini, salah satunya pebalap sepeda Inggris, Laura Kenny yang total menggondol lima medali emas dan satu perak di Olimpiade 2020 Tokyo.

Baca Juga: Klasemen Akhir Olimpiade Tokyo: AS Juara Umum, Indonesia Negara ASEAN Terbaik Kedua

Para atlet mengibarkan bendera negara, tak sedikit juga yang memamerkan medali, dan ada pula yang menunjukkan tulisan "Arigato!" yang berarti terima kasih dalam bahasa Jepang.

Upacara penutupan Olimpiade kali ini dibuka dengan parade kembang api yang menghiasi langit Olympic Stadium.

Kemudian cuplikan keberhasilan atlet-atlet yang berlaga dalam Olimpiade diputar, diikuti dengan masuknya Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach ke dalam stadion.

Bendera Jepang memasuki lapangan dengan dibawa oleh enam atlet, salah satunya adalah juara judo 60kg putra, Naohisa Takato.

Bendera negara-negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo kemudian memasuki lapangan.

Baca Juga: Indonesia Akhiri Olimpiade Tokyo di Peringkat ke-55

Selanjutnya video para atlet kembali diputar, menunjukkan momen-momen yang disoroti, termasuk pesenam Amerika Serikat Simone Biles yang mundur saat pertandingan nomor tim beregu, atlet lompat tinggi Qatar yang berbagi medali emas bersama rivalnya Gianmarco Tamberi dari Italia, juga debut cabang olahraga baru di Olimpiade, yakni skateboard dan selancar ombak.

Komentar