Sport / balap
Cesar Uji Tawakal
Pebalap Ducati, Jack Miller memacu motornya di depan rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dalam MotoGP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. [JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP].

Suara.com - Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo mendesak Yamaha agar segera menelurkan motor yang sebanding dengan racikan kompetitor utama mereka tahun ini, Ducati.

Dilansir dari GP One, pembalap Prancis ini mengatakan bahwa penting bagi Yamaha untuk melakukan perbaikan jika tak ingin tertinggal jauh dari rivalnya.

"Di lintasan seperti Valencia di mana sulit untuk melakukan overtaking, sulit jika Anda memulai balapan dengan posisi jauh di belakang," ucapnya.

"Jika kita melihat hasil balapan, ada tiga pembalap Ducati di posisi terdepan pada balapan lalu, hasil MotoGP Valencia memberitahu kami apa yang perlu dilakukan tahun depan," lanjutnya.

Baca Juga: Best 5 Oto: Daftar 27 + 5 Mobil Test Drive GIIAS 2021, Tips Geber Yamaha R15 di Sirkuit

"Saya tak khawatir, namun perubahan penting diperlukan untuk 2022, bahkan jika kami tahu apa yang perlu kami kerjakan," imbuhnya.

Quartararo menilai bahwa belakangan ini, motor pabrikan Ducati membuatnya sangat kewalahan.

Fabio Quartararo di MotoGP Emilia Romagna 2021 (Twitter)

Akibatnya, rekan setim Franco Morbidelli ini harus merelakan gelar juara tim dan konstruktor jatuh ke tangan Ducati akibat kekalahan di dua balapan terakhir, membuat Yamaha gagal meraih Triple Crown.

"Saya selalu melakukan yang terbaik tahun ini, saya telah mengerahkan segalanya, namun itu tak cukup untuk menghadapi Ducati," tuturnya lagi.

"Di Yamaha, kami tahu apa yang akan menajadi fokus kami, saya telah mengulanginya berulang kali, dan saya pikir Yamaha tahu apa yang harus dikerjakan," terang Quartararo.

Baca Juga: Tips Menunggang Yamaha R15 dengan Aman dan Nyaman di Sirkuit

"Ini diperlukan agar kami bisa bertarung melawan pembalap lain dengan lebih mudah, tanpa harus memacu melebihi batas kami," pungkasnya.

Komentar