Sport / balap
Yasinta Rahmawati | Gagah Radhitya Widiaseno
Pembalap Yamaha SRT, Valentino Rossi di balapan pamungkas MotoGP Valencia 2021. (AFP/Jose Jordan)

Suara.com - Valentino Rossi resmi pensiun menjadi pembalap MotoGP. Pada MotoGP Valencia 2021, ia pamit kepada para staff dan fans yang datang di Sirkuit Ricardo Tormo.

Selama dua dekade lebih menemai para fans, Valentino Rossi selalu menyuguhkan aksi unik dan menarik. Bahkan gelar juara dunia 9 kali sudah didapatkan.

Namun, musim depan sudah sudah tidak ada lagi nama Valentino Rossi di line up pembalap MotoGP.

Pembalap berjuluk The Doctor ini sudah pensiun. Banyak fakta menarik yang bisa didapat dari keputusan Valentino Rossi ini pensiun dari MotoGP.

Baca Juga: Sosok Umbrella Girl Valentino Rossi, Francesca Sofia Novello

Berikut deretan fakta di balik keputusan pensiun Valentino Rossi dilansir dari berbagai sumber.

1. Performa Buruk Selama Jalani Musim MotoGP 2021

Pembalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambaikan tangan ke fansnya setelah balapan MotoGP Grand Prix Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 14 November 2021. JOSE JORDAN / AFP

Valentino Rossi mengakui kalau dirinya sudah tak sanggup bersaing dengan para pembalap muda di MotoGP.

Pembalap berusia 42 tahun ini menyatakan kesulitan untuk mampu mengimbangi mereka (para pembalap muda).

"Sulit untuk menjawabnya, tapi saya pikir, iya (bisa bersaing).. Tentu yang pasti jika saya 20 tahun lebih muda, saya bisa memperjuangkan kemenangan. Saya ingin mengatakan ya," ucap Rossi dikutip laman Crash.

Baca Juga: Sosok Francesca Sofia Novello, Umbrella Girl yang Temani Valentino Rossi Pensiun

2. Sudah Merasa Lambat

Valentino Rossi. (Instagram @valeyellow46)

Valentino Rossi mengungkapkan alasannya memutuskan pensiun karena sudah merasa lambat.

Dia sudah tidak bisa kompetitif di ajang MotoGP.

"Di awal musim (2021), saya sudah memutuskan (lanjut balapan MotoGP) pada liburan musim panas. Akan tetapi, saya malah menemukan hasil yang kurang memuaskan saat sudah balapan, saya merasa kurang cepat dalam balapan (MotoGP). Karena itu, saya terus memikirkan hal tersebut," kata Rossi dilansir dari MotoGP.com.

3. Alasan Keluarga

Rider Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi tampil di MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (14/11/2021) malam WIB. [JOSE JORDAN / AFP]

Ada aspek keluarga yang menjadi alasan kenapa Valentino Rossi memutuskan pensiun.

"Saya punya kehidupan yang normal. Saya memiliki teman-teman yang normal dan saya dapat memberikan segalanya untuk olahraga (MotoGP) saya, tetapi saya juga memiliki segalanya," ungkap Rossi dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Ini adalah aspek positif, karena jika Anda 100 persen fokus hanya pada olahraga, itu menjadi berat dalam jangka panjang. Keluarga dan teman-teman telah menjadi rahasia umur panjang saya," jelasnya.

Komentar