Tekno / internet
Arsito Hidayatullah | Rinaldi Aban
Ilustrasi pencuri. [Shutterstock]

Suara.com - Ada kejadian unik yang menarik perhatian warga Cina baru-baru ini, yang terkait dengan salah seorang pencuri. Namun perhatian warga bukan karena aksi yang dilakukan sang pencuri, melainkan catatan berisi tulisan tangannya.

Sebagaimana dilansir Nextshark, lelaki berusia 20 tahun itu membuat warga kagum karena tulisan di dalam buku catatannya. Untuk diketahui, lelaki yang tak disebutkan identitasnya itu ditangkap oleh pihak Kepolisian Chengdu, Provinsi Sichuan, Cina, pada akhir Desember lalu.

Yang unik adalah saat melakukan aksinya, sang pencuri senantiasa membawa buku catatannya itu yang berisikan panduan seperti peta, rute pelarian, hingga data kantor polisi dan lainnya. Selain itu, di buku itu ia juga menuliskan pengingat (reminder) tentang bagaimana agar sukses melakukan aksi pencurian, sekaligus memberi motivasi atas setiap tindakannya.

"Ingatlah aku hanya mengambil uang tunai, barang-barang emas, alkohol, dan rokok. Bedakan dengan jelas rokok dan alkohol palsu, cari kartu pengenal lain," tulis lelaki itu dalam catatannya.

Seperti ditulis South China Morning Post, sang pencuri juga tak lupa memberikan tips kepada dirinya sendiri, supaya sukses untuk kabur setelah melakukan aksinya.

"Ambil jalan keluar yang berbeda berdasarkan dari nilai barang. Perlu diingat untuk berlari terlebih dulu jika (barangnya) bernilai tinggi," tambahnya.

Tak sampai di situ, ia juga banyak menuliskan motivasi agar dirinya tidak lamban saat melakukan aksi pencurian. "Menyesuaikan diri dan mengambil jalan keluar yang mudah," tulisnya.

Bahkan, seperti ditulis Sohu, dia juga menuliskan evaluasi sesaat setelah mencuri.

Tulisan tangan berisi catatan sang pencuri itu pun kontan viral dan membuat geger warganet. Tak sedikit warganet yang berkomentar merespons keberadaan sang pencuri dan catatannya itu.


"Pencuri paling menginspirasi dalam sejarah," tulis salah seorang netizen.

"Pencuri itu pasti bekerja sangat keras untuk merangkum pekerjaannya," tulis warganet lainnya.

"Tulisan tanganku kalah jauh dengan miliknya," komentar yang lain.

"Sangat berbakat, namun amat disayangkan karena dia mengambil jalan yang salah," tulis yang lain lagi.

"Keterampilan semacam ini seharusnya digunakan untuk hal yang baik daripada untuk mencuri," komentar netizen lain.

Polisi mengatakan bahwa lelaki tersebut lulus dari sebuah universitas terkenal pada tahun 2016 lalu. Pada bulan November di tahun yang sama, ia sempat ditangkap lantaran dicurigai melakukan pencurian, namun dibebaskan karena tidak cukup bukti yang kuat.

Baca Juga: Kisah Pencuri Tali Pocong: Ternyata Nggak Ada Khasiatnya