Tekno / sains
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi peristiwa langit. [Shutterstock]

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada peristiwa langit yang terjadi, entah itu dapat terlihat dengan jelas atau tidak. Bulan Februari 2019 dihiasi fenomena konjungsi Saturnus dengan Bulan, konjungsi Mars dengan Bulan, Supermoon, titik tertinggi Merkurius, hingga konjungsi Jupiter dengan Bulan.

Bulan Maret 2019 pun tidak kalah dengan peristiwa langit menarik lainnya, berikut ini lima peristiwa langit yang akan terjadi pada bulan Maret:

1. Musim Bimasakti

Musim Bimasakti dimulai pada bulan Maret hingga Oktober dengan waktu pengamatan terbaik adalah mulai dari akhir April hingga akhir bulan Juli.

Baca Juga: Waspadai Scam Instagram Curi Data Pribadi dan Pemerasan!

Musim melihat Bimasakti terjadi karena bidang tata surya berada pada sudut sekitar 63 derajat ke bidang galaksi. Hal ini berarti benda-benda di tata surya berputar pada sudut yang hampir tegak lurus dibandingkan dengan sudut rotasi semua benda di Bimasakti secara keseluruhan.

Ilustrasi Bimasakti. [Shutterstock]

Secara praktis, Bimasakti juga akan muncul pada sudut yang berbeda di langit malam tergantung pada bulan di sepanjang tahun. Karena Bumi berevolusi mengelilingi Matahari dan letak bentangan Bimasakti berpindah-pindah, pada bulan Maret pengamat sudah bisa mulai mengamati bentangan Bimasakti.

Bimasakti akan berada di arah rasi bintang Sagitarius dan Skorpius. Kedua bintang tersebut akan terbit mulai tengah malam di bulan Maret 2019 ini.

Untuk melihat bentangan Bimasakti, pengamat cukup menghindari polusi cahaya dan lokasi tempat pengamatan harus memiliki cuaca yang cerah.

Selanjutnya

Baca Juga: Fenomena Langit Gemparkan Kalsel

Komentar