Aksi kocak warganet keukeuh menawar Rp 4 ribu. [Twitter]

Suara.com - Tawar menawar harga dalam membeli suatu barang memang menjadi bagian dari interaksi jual-beli di Indonesia. Bahkan, dalam beberapa aplikasi jual-beli online barang layak pakai atau pre-loved, pembeli diperbolehkan menawar suatu barang.

Lucunya, baru-baru ini beredar tangkapan layar yang memperlihatkan interaksi pembeli yang bersikukuh menawar harga rendah kepada penjual. Dibagikan akun Twitter @vandanerium pada 10 Juni, diketahui ia menjual sebuah outer dengan harga Rp 40 ribu. Namun, seorang pembeli nekat menawar harga barangnya seharga Rp 4 ribu.

Bahkan, pembeli tersebut terlihat sangat berusaha mendapatkan barang dengan harga yang diinginkannya. Mulai dengan dalih demi berbuat kebaikan hingga menyebarkan agama Islam. Lucunya, percakapan tersebut tetap berujung pada harga Rp 4 ribu yang ditawarnya.

"4 ribu boleh nggak dek," tulis si pembeli.

"Hah 4 ribu kak?" tanya penjual.

"Iya, 4 ribu. Saya transfer sekarang juga," jawab pembeli.

"Yah kak 4 ribu saya mau makan apa," tolak penjual.

"Kemaren aja ada yang pasang 0 rupiah. Kan baru beres lebaran harusnya berbagi. Kalo bisa ikhlas ngasih Insya Allah balesannya lebih dari sekadar kakak makan sehari," tulis pembeli yang masih tetap berusaha.

"Saya nggak maksa kakak beli di saya juga hehe. Wah saya atheis kak," sahut si penjual yang tampaknya mulai bercanda karena enggan melepaskan barangnya seharga Rp 4 ribu.

"Tolong mbak sekali ini aja dengerin saya, sebenernya seminggu sebelum lebaran saya dibisiki oleh malaikat. Sebarkan agama Islam jika tidak kucing kesayangan saya akan meninggal. Alhamdulillah kucing saya sampai saat ini masih ada soalnya saya berhasil menyebarkan agama saya ke empat orang," tulis si pembeli panjang lebar.

"Wah kak yang bisikin bukan malaikat kali. Kalo mbak percaya sama tuhan, mbak berdoa sama tuhan mbak. Jangan malah kebawa bisikan kayak gitu mbak," tanggap si penjual.

"Gitu ya mbak. Baru kali ini saya dijawab seperti ini sama orang. Sebenernya mbak berbeda dari yang lain. Saya pikir-pikir lagi, mungkin mbak ini tuhan. Mbak saya akan sembah mbak kalau mbak kasih outernya 4 ribu," tulis si pembeli, kembali menawar harga barang yang diinginkannya.

Meskipun pada akhirnya tetap ditolak oleh penjual, namun percakapan antar keduanya mencuri perhatian warganet karena dianggap lucu. Unggahan yang telah dibagikan lebih dari 16.900 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Moga dapet pembeli yang lebih baik ya kak. Gapapa itung-itung hiburan untuk warga Twitter," cuit akun Fate_2_Rahman.

"Kayaknya si mbak pembeli juga bikin thread 'merayu tuhan demi daster'," komentar RezaMuhammadN.

"Ngakak," tambah anggunrzzz.

"Hahahaha 4 ribu emang bisa ditransfer ya," tulis akun nadyanatashaa.