Tekno / sains
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi fenomena langit. [Shutterstock]

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada peristiwa langit yang pernah terjadi, entah itu dapat terlihat dengan jelas atau tidak. September 2019 turut diwarnai dengan peristiwa langit menarik.

Berikut ini lima peristiwa langit yang akan terjadi sepanjang September 2019:

1. Konjungsi Bulan dengan Jupiter

Konjungsi merupakan suatu keadaan di mana benda langit berada dalam posisi yang berdekatan atau sedang berpapasan. Pada 6 September mendatang, Bulan akan berkonjungsi dengan Jupiter.

Baca Juga: Fenomena Langit Gemparkan Kalsel

Konjungsi Bulan dengan Jupiter September 2019. [In the sky]

Saat peristiwa ini terjadi, Bulan dan Jupiter akan terpisah sejauh 2 derajat. Menurut in-the-sky.org, keduanya akan berada di arah rasi bintang Ofiukus dan akan mulai bisa teramati pukul 18:03 WIB hingga tengah malam.

2. Konjungsi Bulan dengan Saturnus

Setelah melakukan pendekatan dengan planet terbesar di tata surya, Bulan kemudian berkonjungsi dengan planet bercincin pada 8 September. Untuk dapat melihat cincinnya, pengamat harus menggunakan bantuan teleskop karena jika hanya dilihat dalam pandangan mata telanjang, Saturnus hanya akan muncul sebagai bintang kuning keemasan yang tidak berkelap-kelip di dekat Bulan.

Konjungsi Bulan dengan Saturnus September 2019. [In the sky]

Keduanya akan mulai bisa teramati pada pukul 18:04 WIB hingga pukul 01:22 WIB dini hari dan terpisah sejauh 1 derajat. Pengamat cukup mengamati langit timur atau sekitar 60 derajat di atas cakrawala tenggara untuk menemukan kedua benda langit tersebut.

Baca Juga: Fenomena Langit Langka Ini Ditemukan di Tibet

baca juga

Komentar