Tekno / gadget
Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Snapdragon 8 Gen1. [Qualcomm]

Suara.com - Qualcomm resmi merilis prosesor generasi berikutnya yang diberi nama Snapdragon 8 Gen1. Ini menjadi prosesor flagship pertama Qualcomm yang namanya diubah dari seri angka seperti sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen1 sendiri menjadi penerus Snapdragon 888 yang dirilis tahun lalu. Nama tersebut juga akan dilanjutkan untuk seri berikutnya, yang berarti prosesor Qualcomm ke depan bernama Snapdragon 8 Gen2, Gen3, dan seterusnya.

Snapdragon 8 Gen1 menjadi prosesor pertama Qualcomm yang dibangun dengan fabrikasi 4nm. Ini juga menjadi produk Qualcomm pertama yang menggunakan arsitektur Armv9.

Di bagian CPU, prosesor ini tetap membawa tiga cluster. Core utamanya adalah Cortex-X2 dengan kecepatan hingga 3.0GHz. Kemudian ada tiga core kinerja Cortex-A710 dengan kecepatan 2.5GHz. Lalu ada core hemat daya A510 dengan kecepatan 1.8GHz.

Baca Juga: Rumor: Xiaomi 12 Diduga Meluncur 12 Desember

CPU baru ini diklaim 20 persen lebih cepat dan 30 persen lebih irit dari yang ada di Snapdragon 888. Sementara di sektor grafis Snapdragon 8 Gen1 membawa GPU Adreno baru yang menjanjikan kinerja 30 persen dan hemat daya 25 persen.

Snapdragon 8 Gen1 membawa modem Qualcomm Snapdragon X65, yang menjadi modem 5G generasi ke-4 Qualcomm. Modem ini kompatibel dengan mmWave dan sub-6GHz.

Modem tersebut diklaim mampu menangkap kecepatan hingga 10Gbps. Snapdragon 8 Gen1 juga sudah kompatibel dengan Wifi 6 dan Wifi 6E.

Di sektor pengolah gambar, Qualcomm memperkenalkan Snapdragon Sight. Ini sudah mencakup prosesor pengolah gambar (ISP) Spectra 18-bit, naik dari 14-bit pada Snapdragon 888.

Triple ISP juga memungkinkan pengambilan 240 foto berukuran 12MP dalam satu detik. Sementara untuk perekaman video mampu mengambil resolusi 8K dengan HDR10+.

Baca Juga: Snapdragon 8 Gen1 Buatan Qualcomm Tembus Skor 1 Juta di AnTuTu

Untuk kemampuan bermain game, Snapdragon 8 Gen1 memiliki fitur Elite Gaming yang memungkinkan pengembang menyeimbangkan antara performa dan efisiensi daya.

Lalu di sektor keamanan, Qualcomm memperkenalkan Trust Management Engine (TME). Teknologi ini menawarkan kemampuan seperti kunci mobil digital, SIM, ID, hingga e-wallet.

Mengutip The Verge, Rabu (1/12/2021), ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen1 akan segera dirilis sebelum akhir tahun 2021 nanti.

Komentar