Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman. [AFP]

Suara.com - Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman diperkirakan akan menyelesaikan negosiasi kontrak tiga tahun untuk menangani Barcelona, demikian laporan media Belanda, Selasa (18/8/2020).

Koeman mempunyai klausul dalam kesepakatannya dengan asosiasi sepak bola Belanda KNVB yang mengizinkannya memutus kontrak jika ia menerima tawaran dari Barcelona, klub tempat ia bermain dan memulai karir melatihnya dengan menjadi asisten Louis van Gaal.

Pelatih berusia 57 tahun itu tidak merahasiakan fakta bahwa Barcelona akan menjadi pekerjaan impian dan media Belanda mengatakan Koeman merasa “sekarang atau tidak akan pernah" menerima tawaran dari raksasa Catalan itu.

Keputusannya dipermudah oleh ketidakpastian mengenai masa depan sepak bola internasional di tengah pandemi virus corona, dengan pertandingan UEFA Nations League bulan depan di bawah ancaman meningkatnya penyebaran infeksi baru COVID-19 di seluruh Eropa, ditambah penundaan Piala Eropa.

Baca Juga: Prediksi RB Leipzig Vs PSG, Adu Strategi Dua Juru Taktik Negeri Panzer

Suasana laga perempatfinal Liga Champions 2019/2020 antara Barcelona vs Bayern Munich di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. [Manu Fernandez / POOL / AFP]

Quique Setien dipecat sebagai pelatih Barcelona pada Senin (17/8/2020) setelah mereka dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munich dalam pertandingan perempat final Liga Champions.

Koeman akan dihadapkan dengan pekerjaan utama membangun kembali setelah Barca finis di urutan kedua skuat La Liga di bawah sang juara Real Madrid dan disingkirkan dari Copa del Rey pada babak perempat final oleh Athletic Bilbao.

Bagi asosiasi Belanda, kepergian Koeman merupakan sebuah pukulan besar. Koeman mempunyai kontrak hingga Piala Dunia di Qatar pada 2022 dan memimpin tim ke kualifikasi Kejuaraan Eropa setelah mereka tidak lolos pada Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. (Antara)

Komentar