Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Minggu, 20 September 2020 | 15:47 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa anak asuhannya mengalami peningkatan kemampuan. Hal itu disampaikannya saat sesi wawancara dengan media Korea Selatan (Korsel), Yonhap.

Apa yang dikatakan Shin Tae-yong bukan asal-asalan. Ia melihat adanya peningkatan performa dari laga uji coba yang sudah dijalani Pasukan Merah Putih.

Pertama dikalahkan Bulgaria 0-3, dibantai Kroasia 1-7, imbang atas Arab saudi 3-3, dan terakhir menang dengan skor 2-1 melawan Qatar. Timnas Indonesia U-19 akan kembali melawan Qatar, Minggu (20/9/2020) untuk mengukur sejauh mana pemain berkembang.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra (keempat dari kiri) merayakan gol yang dibuat M Supriadi (ketiga dari kanan) dalam laga uji coba kontra Qatar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis (17/9/2020). Pertandingan itu dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1. (ANTARA/HO/PSSI)

Masalah fisik pemain Indonesia yang sempat dikeluhkan kini diklaim Shin Tae-yong telah berangsur-angsur membaik. Hasil imbang melawan Arab Saudi dan kemenangan atas Qatar menjadi buktinya.

"Semakin banyak pemain Indonesia berlatih dan menjalani uji coba akan semakin baik organisasi dan taktiknya juga," kata Shin Tae-yong.

"Para pemain telah meningkatkan tekad mereka untuk terus bermain sampai akhir pertandingan. Karena mereka bekerja keras, performa mereka pun juga meningkat," tambah pria asal Korea Selatan itu.

Media Korea Selatan juga juga menyoroti pemilihan Kroasia sebagai tempat training camp (TC) Timnas Indonesia U-19. Awalnya pelatih berusia 51 tahun itu menjelaskan ingin membawa skuat Merah Putih ke Gyeongju, Korea Selatan.

Namun, Kroasia akhirnya dipilih karena tidak mengharuskan isolasi lebih dulu seperti di Korea Selatan saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. "Tempat kami berlatih adalah area yang bersih dari virus corona di Kroasia," pungkasnya.

Setelah melawan Qatar, Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- akan menjajal kemampuan Bosnia-Herzegovina pada 25 September mendatang. Lalu, Dinamo Zagreb tiga hari setelahnya.

Setelah itu, David Maulana dan kawan-kawan rencananya akan melanjutkan TC di negara Eropa lainnya usai dari Kroasia. Kabarnya, Turki akan menjadi singgahan selanjutnya Timnas Indonesia U-19.