Bola / liga-spanyol
Rauhanda Riyantama
Aksi penyerang muda Barcelona, Ansu Fati saat membobol gawang Ferencvaros di ajang Liga Champions. (LLUIS GENE / AFP)

Suara.com - Publik sepak bola Spanyol kini sedang digegerkan dengan kasus pelecehan rasial pada penyerang muda Barcelona, Ansu Fati. Kejadian ini bermula usai ia jadi aktor kemenangan Blaugrana atas Ferencvaros di ajang Liga Champions, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB.

Dalam laga Barcelona vs Ferencvaros, Ansu Fati turut mencetak satu gol dalam kemenangan 5-1. Penyerang 17 tahun itu membobol gawang wakil Hungaria tersebut pada menit ke-42.

Tak cuma bikin gol, Ansu Fati juga berhasil bikin assist. Ia jadi aktor gol ketiga Barcelona yang dicetak oleh Philippe Coutinho.

Selepas pertandingan tersebut, Ansu Fati langsung jadi pemberitaan heboh oleh media Spanyol. Anehnya, ada salah satu media bernama ABC justru membuat pemberitaan rasis pada penggawa Timnas Spanyol itu.

Baca Juga: Kegusaran Gundogan meski Manchester City Menang Meyakinkan atas FC Porto

"Ansu nyaris mencetak gol dengan tendangan penyerang murni, membalikkan tubuhnya dengan sempurna. Ansu saat berlari mirip dengan gazelle, ia terlihat seperti pedagang jalanan muda berkulit hitam, yang bisa Anda lihat saat berlari di Paseo de Gracia berteriak 'air, air' ketika polisi datang," tulis laporan itu.

"Pemandangan di jantung kota. Sekarang sudah tidak terjadi lagi karena Ada Colau (Walikota Barcelona), yang berandalan adalah polisi dan bukan pedagang jalanan, yang tidak perlu lari cepat lagi. Memang benar bahwa tanpa turis, bisnis mereka akan turun," imbuhnya.

Pernyataan tersebut tentu menyulut emosi beberapa pemain Barcelona, salah satunya Antoine Griezmann. Ia menyebut tidak sepantasnya ada pihak yang menyerang seseorang dengan kedok nama rasial.

"Ansu adalah pemuda luar biasa yang pantas dihormati seperti semua manusia lainnya. Tidak untuk rasisme dan tidak untuk perilaku buruk,'' cuit Griezmann di akun Twitter-nya.

Sosok Ansu Fati kini memang sedang naik daun berkat performa apiknya. Ia berhasil menembus tim utama Barcelona musim lalu, dan di La Liga Spanyol musim ini ia jadi pencetak gol terbanyak Barcelona di semua ajang.

Baca Juga: Video Aksi Jungkir Balik Fabinho Selamatkan Gawang Liverpool

Meski sedang melejit, Ansu Fati tetap dikenal sebagai pribadi yang rendah hati. Ia tetap memuji kerja keras rekan setimnya saat Barcelona berhasil mengalahkan Ferencvaros 5-1.

Komentar