Bola / bola-indonesia
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. [dok. PSSI]

Suara.com - Tempat utama Timnas Indonesia U-19 saat ini tidak hanya diperebutkan oleh pemain-pemain lokal saja.  Pemain keturunan Indonesia yang saat ini ada di luar negeri berkesempatan memperkuat Pasukan Merah Putih.

Tentu saja hal tersebut dilakukan supaya Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- semakin kuat. Apalagi, Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Sebelum itu, armada Shin Tae-yong bakal terjun di Piala Asia U-19 yang rencananya bergulir di awal tahun  2021. Menghadapi dua event penting ini, tentu harus diikuti oleh pemain-pemain terbaik.

Elkan Baggot saat melakoni debut bersama Timnas Indonesia-19. (Dok. PSSI)

Namun, tidak sembarangan pemain keturunan bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia U-19. PSSI punya mekanisme sendiri dari mulai administrasi hingga kemampuan pemain itu sendiri.

"Bagaimana cara melihatnya? Satu kita lihat CV. Lalu kita lempar ke bagian legal PSSI. Apakah secara  undang-undang itu oke atau secara statuta fifa memungkinkan. Setelah itu kalau memungkinkan, kita lihat  video dan diskusi dengan Coach Shin Tae-yong," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, di Hotel  Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam.

"Sudah muncul beberapa nama dan kami lempar ke Pak Ketum PSSI (Mochmad Iriawan), dan dia memberikan  sinyal silakan melakukan pendekatan," tambah mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 itu.

Sudah ada empat pemain yang sempat berlatih bersama Timnas Indonesia U-19 yaitu Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa. Bahkan, keempatnya bergabung saat Garuda Nusantara training camp (TC) di Kroasia.

Nantinya, akan ada beberapa pemain keturunan lainnya yang akan diberikan kesempatan unjuk kebolehan oleh Shin Tae-yong, saat melakukan TC selanjutnya.

"Secara kualitas, biar Coach Shin Tae-yong yang menjelaskan. Apakah terpilih atau tidak biar beliau,"  pungkas mantan juru racik Bali United tersebut.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.