Bola / bola-indonesia
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Persija Jakarta, Sandi Arta Samosir ketika memperkuat Timnas Indonesia U-19 saat TC di Kroasia (dok. Persija)

Suara.com - Pemain Persija Jakarta, Sandi Arta Samosir, mendapat segudang ilmu bermanfaat setelah ikut serta dalam training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Ia mengakui permainan sepakbolanya sudah meningkat.

Armada Shin Tae-yong ini sudah berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020. Sandi dan kawan-kawan pun sudah berada di Tanah Air setelah tiba pada Selasa (27/10/2020).

Dua bulan berada di Kroasia tentu banyak pengalaman yang didapat. Selain berlatih, ada 11 pertandingan uji coba yang dilakukan Pasukan Merah Putih.

Yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), Qatar (2-1, 1-1), Bosnia-Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1, 0-0), dan Hajduk Split (4-0). Selain itu, Timnas Indonesia U-19 juga sekali melakukan internal game.

"Alhamdulillah kami sudah menjalani dua bulan TC di Kroasia. Banyak manfaat, pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan disini," kata Sandi dikutip dari laman resmi Persija, Rabu (28/10/2020).

"Ini pengalaman ketiga saya TC ke luar negeri. Setelah sebelumnya menjalani program di Garuda Select di Inggris dan TC bersama Timnas U-19 di Thailand. Pengalaman di luar negeri ini bagus tentunya untuk karier sepakbola saya ke depannya," tambahnya.

Lebih lanjut pemain asal Medan ini akan menjaga momentum sekembalinya ke Indonesia. Ia bertekad menjaga kebugaran tubuhnya seperti ketika sedang TC.

"Tentunya momentum di Kroasia ini saya harus jaga dengan baik. Saat ini saya akan kembali ke Medan dahulu untuk bertemu keluarga," jelasnya.

"Di Medan saya akan profesional dan saya akan mengikuti apa intruksi yang diberikan pelatih timnas termasuk menjalani program yang diberikan tim pelatih Persija," pungkasnya.

TC di Kroasia ini sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021. Selain itu, Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- akan berlaga di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.